Pil KB Bisa Atasi Jerawat Meradang

Dengan adanya edukasi pengenalan warna obat, membuat peluang tertukarnya obat menjadi menurun.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Salah satu hal yang membuat tampilan kurang percaya diri adalah munculnya jerawat. Segala cara dilakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Salah satunya dengan pil kontrasepsi.

Hari Kontrasepsi Sedunia, Masih Banyak Misinformasi Soal Penggunaannya

Ketika menangani jerawat, pil kontrasepsi ini diperlukan untuk menghambat hormon androgen pada wanita. Pada kondisi tertentu, hormon ini sering ditemukan berlebih pada wanita. Padahal, hormon androgen lah yang paling berpengaruh atas timbulnya jerawat pada wajah dan bagian tubuh lainnya.

"Androgen itu ada di wanita dan laki-laki, hanya kadarnya saja yang berbeda. Laki-laki memang membutuhkannya sebesar 5 persen di tubuh, tapi wanita hanya butuh 1 persen, 99 persennya sudah seharusnya diikat dan tidak bebas di tubuh," ujar spesialis kandungan, DR. dr. Budi Wiweko, SpOG(K) yang ditemui di diskusi media di kawasan Menteng, Jakarta, Rabu 31 Agustus 2016.

Selain Cegah Hamil, Dokter Sebut Alat Kontrasepsi Ini Kurangi Risiko Kanker Rahim 50 Persen

Menurut pemaparannya, jika androgen di tubuh wanita berkembang lebih dari satu persen, maka dampaknya bisa banyak hal salah satunya yaitu jerawat. Namun, kondisi tersebut harus ditemani dengan gejala lain agar semakin memperkuat adanya kadar kelebihan androgen tersebut.

"Penggunaan pil KB ini tentu harus dengan resep dokter karena tidak bisa sembarangan. Harus dilihat dulu apakah ada gejala lain selain jerawat, misalnya gangguan siklus haid. Karena kalau jerawat saja belum tentu adanya gangguan kadar androgen di tubuhnya," jelasnya.

Wantimpres Agung Laksono Puji Pengendalian Demografi Penduduk Lewat KB

Untuk itu, perlu dipahami pil KB yang dapat mengurangi jerawat akibat kadar androgen berlebih adalah dengan kandungan antiandrogen. Sehingga, ia menuturkan pil KB adalah salah satu obat yang ideal untuk memberantas jerawat.

"Pil KB menjadi salah satu cara yang ideal karena dia langsung atasi dua keluhan akibat hiperandrogen itu yaitu bisa mengurangi jerawat dan siklus haidnya menjadi teratur," ujarnya.

Kemnaker dan BKKBN gelar Talk Show

Upaya Tingkatkan Fasilitas Kesejahteraan Pekerja, Kemnaker dan BKKBN Gelar Dialog Interaktif

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Dialog Interaktif bertema Pekerja Produktif.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2024