Satu dari Lima Orangtua Merasa Salah Pilih Nama Anak

Ibu dan bayi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Nama adalah doa.Ketika bayi lahir, orangtua memberikan nama buah hatinya sebagai doa agar kehidupannya baik dan penuh berkah di kemudian hari. Di lain sisi, ada pula orangtua yang menamai anaknya sebatas tren yang beredar ketika anak tersebut lahir. Padahal, tren memiliki sifat mudah berganti. Hari ini menjadi tren, di kemudian hari tren tersebut bisa saja menjadi momok bagi anak. Karena itu sebelum menyesal, pertimbangkanlah baik-baik ketika memilih nama untuk buah hati Anda.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Sebuah survei menyebutkan, hampir satu dari lima orangtua merasa menyesal memberi nama anak mereka. Survei yang dilakukan oleh sebuah situs parenting Mumsnet ini menemukan bahwa 18 persen orangtua merasa menyesal atas nama anak yang mereka pilih, Dua persen di antaranya bahkan mengganti nama anak mereka.

Dilansir dari laman The Independent, penyebab paling umum penyesalan mereka adalah nama tersebut ternyata tidak populer, penyesalan ini ditunjukkan oleh 25 persen orangtua. sementara itu, 11 persen mengatakan menyesal karena ejaan dan pengucapan nama anak yang rumit dan tidak umum.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Penyesalan memberi nama pada anak juga di akui 32 persen orangtua yang mengatakan bahwa mereka menyesalkan nama pertama anak mereka dalam enam minggu pertama. Selain itu, 23 persen mengatakan penyesalan tersebut dimulai ketika anak mereka mulai sekolah.

Yang mengejutkan, 12 persen mengatakan mereka menyesal memilih sebuah nama sebelum anak mereka lahir dan mereka selalu tahu itu adalah pilihan yang salah.

Perokok Remaja di Indonesia Terbanyak di Dunia, Kemenkes Siap Atur Regulasi Vape-Rokok Konvensional

Nama yang paling sering disesalkan adalah Charlotte, Amelia, Anne, Daniel, Jacob, James dan Thomas.

Namun, seorang ibu mengatakan nama anaknya diadopsi dari kelompok teroris ketika anak itu lahir dan  yang lainnya mengutip film Frozen, hingga akhirnya menyesal menamai anaknya Elsa.

Justine Roberts, pendiri Mumsnet, mengatakan memilih nama bayi adalah salah satu hal pertama yang  orang tua baru lakukan, sehingga dalam beberapa hal seringkali terdapat penyesalan dalam  memberikan nama.

Menurut Kantor Statistik Nasional, Amelia adalah nama yang paling umum untuk anak perempuan pada tahun 2015, sedangkan untuk anak laki-laki adalah Oliver.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya