Kecanduan Kopi Dipengaruhi Faktor Genetik?

Kopi.
Sumber :
  • Kaboompics

VIVA.co.id – Kopi menjadi salah satu minuman paling populer dan digemari oleh berbagai kalangan. Tidak sedikit pula yang menjadi kecanduan dengan minuman ini. Selain dapat membuat Anda tetap terjaga sepanjang malam, kopi ternyata punya fakta menarik lain yang perlu Anda ketahui.

Pecinta Kopi Semakin Dimanjakan dengan Festival Unik

Dilansir dari laman Huffington Post, studi yang baru-baru ini dilakukan menunjukkan bahwa kecanduan maupun keinginan untuk menikmati kopi ternyata dipengaruhi oleh faktor genetik. Temuan tersebut didapat oleh sekelompok peneliti dari Skotlandia, Italia dan Belanda yang mengamati kebiasaan minum kopi pada 1.200an orang di beberapa kota di Italia.

Dari temuan tersebut diketahui  bahwa mereka yang memiliki variasi DNA PDSS2, mengonsumsi kurang dari satu cangkir kopi per hari dibandingkan mereka yang tidak memiliki variasi DNA tersebut.

Hapus Penat Selepas Kerja dengan Kesegaran Es Kopi Jadoel

Untuk meyakinkan temuan tersebut, para ilmuwan lantas meneliti sekelompok orang lagi di Belanda dan mendapatkan hasil serupa. Mereka dengan gen PDSS2 mengonsumsi lebih sedikit kopi.

Para peneliti menyimpulkan bahwa gen PDSS2 bekerja dengan sistem metabolisme tubuh. Gen tersebut mengatur banyaknya kafein yang dibutuhkan oleh tubuh

Tujuh Fakta tentang Kopi yang Mungkin Belum Anda Tahu

Studi ini juga berkaitan dengan studi terdahulu yang menunjukkan bahwa kebutuhan akan kopi setiap orang berbeda tergantung dari faktor genetik. Namun, Nicola Piratsu, salah satu peneliti dari University of Edinburgh mengatakan bahwa banyak variasi gen yang dikaitkan dengan konsumsi kopi, sehingga dibutuhkan rangkaian studi lebih lanjut untuk melihat pengaruh gen PDSS2 secara lebih mendalam.

dr Zaidul Akbar

Cara Menghilangkan Kecanduan Kopi dari Dokter Zaidul Akbar

Selain ganja dan kafein, Zaidul Akbar juga menyebutkan ada satu bahan makanan yang membuat seseorang bisa merasa kecanduan yakni gula.

img_title
VIVA.co.id
22 Agustus 2023