Berbahaya, Jangan Kunjungi Lima Kota Ini Sendirian

Meksiko
Sumber :
  • REUTERS/Edgard Garrido

VIVA.co.id – Belakangan traveling menjadi aktivitas yang populer di berbagai kalangan. Tak hanya dilakukan bersama rekan atau teman, banyak juga yang nekat melancong seorang diri ke daerah baru yang belum begitu dikenal.

Ikat Akar Beringin Jadi Tradisi Unik di Makam Loang Balog Mataram

Menyenangkan memang, namun ada beberapa daerah di dunia yang perlu Anda waspadai jika melancong seorang diri. Berikut lima negara yang perlu diwaspadai tersebut dikutip dari laman Fox News.

1. Mexico City, Meksiko
Meksiko menjadi negara yang ditakuti karena banyaknya kasus penculikan, pencurian, dan pelecehan. Department of State Amerika Serikat telah mengeluarkan peringatan mengenai beberapa tempat di Meksiko dengan alasan keselamatan.

Wajib Tahu, 7 Tips Aman bagi Wanita yang Hobi Solo Traveling

"Penduduk Amerika Serikat sudah menjadi korban kekerasan seperti pembunuhan, penculikan, perampasan, dan pencurian yang diorganisir oleh kelompok kriminal di Meksiko," ujar lembaga Passports and International Travel Amerika Serikat.

"Jika Anda memang ingin mengunjungi Meksiko, pastikan Anda ditemani oleh orang lain. Risikonya teralu tinggi jika bepergian seorang diri." 

5 Cara Aman Melancong Sendirian untuk Kaum Wanita

2. Detroit, Michigan
Meskipun sudah berusaha untuk memperbaiki nama baiknya, Detroit tetap dikenal sebagai salah satu kota paling berbahaya. Pencurian, pelecehan seksual, pembunuhan, dan narkoba berkeliaran di kota tersebut. Berdasarkan data dari mlive.com, pada 2015 terjadi 46 kasus pembunuhan, dua angka lebih banyak dari tahun sebelumnya, 44 kasus. Pada 2013 terjadi sebanyak 43 kasus sedangkan 2012 terjadi sebanyak 52 kasus.

3. Lima, Peru
Baik turis maupun penduduk lokal diperingatkan tentang risiko mengunjungi Peru. Kabar baiknya beberapa tindakan telah dilakukan untuk membuat keadaan kota semakin aman meski masih ada hal-hal yang perlu diwaspadai. Kejahatan yang terjadi di jalanan seperti copet dan pemerasan merupakan kejahatan umum di sini khususnya di daerah padat pengunjung. Pastikan Anda tidak sendirian saat mengunjungi kota ini.

4. New Delhi, India
Tidak hanya digelari sebagai kota terkumuh di dunia, namun New Delhi juga menyandang gelar sebagai kota yang berbahaya untuk dikunjungi sendiri. Kota ini sangat besar dengan 12 juta penduduk bermukim di sana. Oleh karena itu, tindak kriminal kerap terjadi begitu pula dengan pencurian.

Menurut TripAdvisor, "Pencopetan biasa terjadi di area yang ramai seperti pasar, bis, dan stasiun kereta. Para perempuan harus meletakkan tasnya di tempat yang aman dan pria harus menyimpan dompet di saku depan ketimbang saku belakang."

5. Memphis, Tennessee
Jangan pernah mengunjungi Memphis seorang diri. Pada 2015 lalu, FBI menempatkan Memphis pada urutan ke-3 sebagai kota paling berbahaya di negara tersebut. Diketahui banyak kasus kriminal yang terjadi akibat tingginya angka kemiskinan di kota itu. Pencurian, maling motor, dan tindak anarkis umum terjadi di kota ini.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya