Arti Tanggal yang Tertulis pada Produk Makanan dan Minuman

Ilustrasi label tanggal.
Sumber :
  • Pixabay/Hans

VIVA.co.id – Marak pemberitaan tentang bahan kedaluwarsa pada produk makanan, sontak saja membuat masyarakat cemas akan kualitas suatu makanan yang mereka konsumsi.

Demi Apa Pria Ini Nekat Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Selama Setahun?

Tanggal kedaluwarsa yang tertera pada produk konsumsi seringkali membingungkan. Konsumen sering salah mengartikan dengan tanggal dijual atau digunakan untuk mengetahui makanan aman di konsumsi.

Para ahli mengatakan bahwa label tanggal sebenarnya tidak ada hubungannya dengan risiko racun pada makanan.

Masih Bisakah Produk Dikonsumsi Setelah Kedaluwarsa?

"Tanggal kedaluwarsa yang tertera sebetulnya hanya memberi tahu soal kualitas terbaik konsumsi makanan tersebut. Namun, jika makanan tersebut dikonsumsi melampaui tanggal kedaluwarsa sebenarnya masih dalam batas aman," kata Tom Gillpatrick dari Portland State University, seperti dilansir laman wfmynews2.

Di Amerika Serikat sendiri, Food and Drug Administration atau FDA tidak mengatur tentang tanggal kedaluwarsa kecuali pada makanan bayi. Namun baru-baru ini Undang-undang federal mengusulkan akan membuat tanggal standar dan kata-kata yang akan membantu untuk menandai ketika makanan benar-benar bisa berbahaya dan menimbulkan efek bagi kesehatan tubuh.

Hati-hati! Beredar Oreo, Cadbury, & Belvita Kedaluwarsa Dikemas Ulang

Oregon State University dan Departemen Pertanian Amerika Serikat memberikan penjelasan tentang kata-kata yang ditemukan dalam kemasan makanan, untuk membantu masyarakat mengetahui cara memahami makna yang tertulis pada label

Sell by

Tulisan sell by ini adalah tanggal yang tertulis pada produk sebagai tanda batas waktu kapan toko boleh menjual produk tersebut.

Best if used by atau before

Tulisan tersebut menandai berapa lama kualitas produk tersebut bertahan dengan rasa terbaik.

Use by

Tanggal yang disertai tulisan ini menandakan masa terakhir kualitas terbaik dari produk makanan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya