Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Sebabkan Kontaminasi Jamur

Ilustrasi label kedaluwarsa dalam kemasan makanan
Sumber :
  • Danar Dono

VIVA.co.id – Berdarnya isu produk makanan kedaluwarsa meresahkan masyarakat. Meski berpotensi merusak kesehatan, produk makanan yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa sebenarnya memiliki batas waktu sebelum makanan tersebut terkontaminasi bakteri.

Masih Bisakah Produk Dikonsumsi Setelah Kedaluwarsa?

Produk makanan yang telah melewati masa tenggat dan telah terkontaminasi mikroba seperti bakteri dan jamur, jika dikonsumsi maka bisa berdampak buruk seperti diare, muntah dan sakit perut.

“Dampaknya per individu tidak sama, apalagi tergantung bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Tapi biasanya risiko diare, muntah dan sakit perut pasti ada," ujar spesialis gizi, Dr. dr. Yustina Ani Indriastuti, M.Sc, SpGK.

Hati-hati! Beredar Oreo, Cadbury, & Belvita Kedaluwarsa Dikemas Ulang

Terlebih, jika individu terkontaminasi jamur, bisa saja jamur tumbuh dan berkembang di dalam usus sehingga timbul sakit pada bagian perut secara berkelanjutan. Selain itu, makanan yang telah melewati masa kedaluwarsanya sudah mengandung zat-zat berbahaya sehingga bisa saja tanda-tanda di tubuh terjadi secara langsung.

"Umumnya saat keracunan itu bisa terlihat reaksi dan tandanya langsung di tubuh, misal sakit perut dan kejang-kejang. Namun tandanya ini tidak bisa dijadikan patokan karena efeknya tiap mikroba dan pada individu pasti berbeda," jelasnya saat dihubungi VIVA.co.id pada Selasa, 6 September 2016.

Sebagian Makanan Aman Dikonsumsi Meski Sudah Kedaluwarsa

Untuk itu, dokter yang bekerja di RS St. Carolus Summarecon Serpong ini menuturkan agar para konsumen bisa lebih waspada terhadap makanan yang akan dikonsumsi. Sehingga, dampak buruk pada tubuh bisa segera dihindari.

"Lihat makanannya, kalau bau dan rasanya sudah nggak normal, hindari. Apalagi kalau sudah berlendir atau teksturnya yang tidak segar. Nah yang seperti itu patut dicurigai," kata dia.

Ilustrasi tanggal kedaluwarsa makanan

Demi Apa Pria Ini Nekat Konsumsi Makanan Kedaluwarsa Selama Setahun?

Awalnya, dia mengonsumsi yoghurt yang dicampur dengan smoothies.

img_title
VIVA.co.id
2 Juli 2019