Tips Memilih MPASI Tepat untuk Stimulus Gigi Balita

Anak makan sayur
Sumber :
  • Pixabay/ avitalchn

VIVA.co.id – Memilih jenis Makanan Pengganti ASI (MPASI) untuk buah hati Anda seharusnya tidak hanya semata-mata mementingkan nutrisi saja. Tapi, pilihlah jenis makanan dengan tekstur yang mampu merangsang pertumbuhan gigi anak. Dokter gigi anak DR. drg. Eva Fauziah, SpKGA mengungkapkan demikian.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

"Teksturnya pertama jangan yang terlalu padat atau keras. Untuk usia enam bulan teksturnya yang lembek, kemudian semakin padat seiring usianya bertambah. Untuk pertama bisa dengan bubur atau biskuit yang dihancurkan, kemudian baru tekstur keras sedikit, baru yang keras," ujarnya saat ditemui di kawasan Dharmawangsa, Jakarta, Selasa, 6 September 2016.

Eva juga mengingatkan agar jangan terus menerus memberi buah hati makanan yang bertekstur lembut ketika seharusnya dia sudah bisa makan makanan padat. Karena, makanan yang terlalu lembut tidak akan merangsang pertumbuhan rahang dan gigi anak

Anak Usia 8-11 Tahun Paling Kritis Terhadap Masalah Gigi Permanen, Ini Penyebabnya Menurut Dokter

"Makin dia mengunyah yang keras, pertumbuhan rahangnya makin bagus. Tapi kalau mengunyah yang lembut-lembut terus seperti jus, daging atau ayam disuwir-suwir kecil sehingga jadi lunak, itu pertumbuhan perkembangan rahangnya tidak berkembang," lanjut Eva.

Dalam memberikan MPASI, Eva menambahkan, yang terpenting adalah anak harus dilatih untuk mengunyah. Makanan lembek akan berdampak pada pertumbuhan gigi yang tidak rata atau menumpuk.

Cara Seru Mengedukasi Si Kecil soal Kesehatan Gigi

"Sekarang makanan modelnya dijus, kalau dahulu kita makan jambu klutuk dimakan langsung sekarang di jus. Apel juga lebih bagus di makan langsung jangan dipotong," kata Eva.

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024