Studi: Kombinasi Cabai dan Jahe Bantu Cegah Kanker

Ilustrasi bawang putih dan jahe
Sumber :
  • Pixabay/PDPics

VIVA.co.id – Sebuah bukti ilmiah terbaru telah mengungkapkan bahwa cabai dan jahe, jika digabungkan dapat membantu mencegah kanker.

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

Sejumlah ilmuwan percaya jika rasa pedas cabai ketika dikombinasikan dengan jahe dapat melawan penyakit mematikan itu. Beberapa studi terdahulu juga menunjukkan bahwa capsaicin, kandungan yang memberikan rasa pedas dalam cabai dapat menyebabkan kanker.

Namun, dalam temuan terbaru ini mengungkapkan bahwa kandungan pedas jahe, yakni 6-ginergol, dapat menghadang efek berbahaya dari capsaicin.

Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun

Baik cabai maupun jahe merupakan rempah yang paling sering digunakan sebagai bahan masakan terutama di Asia, dan para ilmuwan telah lama melakukan studi akan manfaat kesehatan kedua rempah tersebut.

Namun, beberapa studi terdahulu menunjukkan efek kesehatan yang negatif. Para peneliti mengatakan kalau mereka yang ketagihan makanan pedas dan sering makan makanan yang banyak mengandung capsaicin memiliki risiko yang tinggi terkena kanker perut.

5 Cara Masukkan Lemon ke Dalam Makanan untuk Menurunkan Berat Badan

Nah, dari studi terbaru ini ditemukan hasil yang lebih positif. Kandungan dari dua rempah tersebut, capsaicin dan 6-ginergol terikat pada reseptor yang sama di dalam salah satu sel yang juga terhubung dengan pertumbuhan tumor.

Dalam sebuah sesi yang berlangsung selama beberapa minggu, para peneliti memberi makan tikus yang rentan kanker paru-paru dengan capsaicin atau 6-ginergol saja, atau kombinasi kedua bahan tersebut.

Para peneliti lantas menemukan bahwa tikus yang diberi makan hanya capsaicin berpeluang besar menderita tumor paru-paru. Namun, hanya setengah dari tikus-tikus yang diberi 6-ginergol mengidap penyakit itu.

Secara mengejutkan, tim peneliti menemukan persentase yang menurun lagi, sekitar 20 persen, tikus-tikus yang diberikan capsaicin dan 6-ginergol mengidap kanker paru-paru.

Meski demikian, para peneliti ini berharap bisa melakukan studi selanjutnya untuk meneliti bagaimana kedua kandungan itu sebenarnya saling bekerjasama untuk menurunkan risiko kanker.

Hasil studi ini telah dipublikasikan di Jurnal ACS Agricultural and Food Chemistry.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya