VIDEO: Belajar Sambil Bermain di PAUD KM 0

Belajar sambil bermain di PAUD KM 0.
Sumber :
  • VIVA.co.id

VIVA.co.id – Pendidikan adalah salah satu faktor penting yang akan menentukan kualitas para generasi muda di masa depan. Oleh karena itu, memilih pendidikan yang terbaik harus dilakukan sedini mungkin, termasuk memilih sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) untuk anak.

Rajin Beri Tips Parenting, Influencer Laila Maulid Ungkap Serunya Berbagi Inspirasi untuk Semua

Di kompleks perkantoran Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Jakarta  Selatan, berdiri sebuah PAUD bernama PAUD KM 0, yang telah menjadi PAUD Percontohan di Indonesia sejak peresmiannya pada bulan Juni lalu.

Selain ruang belajar dan bermain yang nyaman, gedung PAUD ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung, mulai dari kamar mandi murid, dapur, televisi, ruang musik, tempat bermain air, tempat bermain pasir, ayunan, meja dan kursi makan anak, hingga kamar tidur. PAUD ini juga menyediakan beragam alat permainan edukatif seperti puzzle, balok susun, alat gambar dan mewarnai, kostum profesi, serta deretan buku bacaan anak.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Sistem belajar mengajar yang diterapkan di PAUD ini adalah belajar sambil bermain. Sistem tersebut dipilih untuk memberikan kesan pada anak bahwa belajar merupakan hal yang tidak susah dan justru menyenangkan.

"Segala sesuatu yang berkaitan dengan keaksaraan juga kita perkenalan lewat bermain. dan selain itu ada pendidikan karakter juga lewat pembiasaan dan aturan, tapi bukan aturan yang kaku. kita tidak melarang, kita selalu memberikan solusi, dan berkata positif," ucap Rifati Gutama, Ketua Pelaksana Kegiatan di PAUD KM 0.

Terpopuler: Cara Nasihati Anak Laki-laki Agar Didengar, Trik Bikin Puas Pasangan

Penerapan sistem belajar tersebut dibagi dalam beberapa area berdasarkan usia. Para siswa berkegiatan mulai dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB termasuk makan pagi dan makan siang bersama serta tidur siang. Selain harus memiliki rasa kasih sayang kepada anak-anak, para pengajar di PAUD ini juga telah diberikan pelatihan resmi bersertifikat sebelum mulai mengajar.

(Laporan: Pranamya Dewati)

Arie Untung dan Fenita Arie.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Menurut Fenita Arie, pendidikan tentang keuangan sangat penting untuk ditanamkan sejak dini. Hal ini agar anak dapat terbiasa hidup mandiri dan tidak bergantung orang tua

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2024