Lima Cara Tenangkan Tangis si Kecil

Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA kerap kali diderita anak-anak.
Sumber :
  • Pixabay/unsplash

VIVA.co.id – Saat si mungil menangis, butuh waktu cukup lama untuk menenangkannya. Namun ada beberapa cara sederhana dan cepat menenangkan si kecil ketika menangis.

Rumah Kebakaran di Simalungun, Dua Balita Tewas

Asisten profesor pediatrik di University of Southern California menuturkan bahwa orangtua harus memahami beberapa strategi untuk membuat bayi tetap tenang sehingga dengan mengurangi tangisan dapat meningkatkan waktu tidur untuk anak Anda. Berikut ini beberapa cara sederhana menangkan si mungil dari tangisannya, seperti dilansir dari laman Todaysparent.

1. Menyelimuti

Unggah Video Aniaya Anak di Medsos, Ibu Muda di Toraja Kicep Didatangi Polisi

Memberikan kehangatan melalui selimut yang mengelilinginya, dapat memberi persepsi sebuah sentuhan hangat pada si kecil. Dengan begitu, ia akan merasakan kembali pengalaman aman dan nyamannya saat masih di dalam kandungan ibu.

2. Miringkan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Berikan posisi miring ke kiri untuk membuat sistem pencernaannya atau bagian perutnya menjadi lebih nyaman. Jika si mungil tanpa sengaja tertidur, segera berikan posisi tersebut agar mengurangi risiko terjadinya Sindrom Kematian Bayi secara tiba-tiba.

3. Alunan suara lembut

Alunan suara lembut seperti suara darah yang mengalir lancar di pembuluh darahnya saat ia masih dalam janin, dapat memberikan efek menenangkan pada si mungil. Replikasi suara lembut tersebut dengan suara kipas angin yang bekerja pelan saat ia tertidur.

4. Mengayunkan

Saat masih di dalam kandungan, si mungil sudah terbiasa mengikuti ayunan dari tiap aktivitas sang ibunda. Oleh sebab itu, mengayunkan si kecil saat Anda menggendongnya dapat memberikan sensasi seperti ia kembali di dalam kandungan yang nyaman.

5. Mengisap

Aktivitas mengisap puting susu ibu, ternyata memberi dampak baik pada sistem saraf si mungil. Dengan aktivitas tersebut, maka sistem saraf akan memberikan rangsangan relaksasi dan membuat bayi menjadi lebih tenang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya