Membentuk Pola Pikir Positif dan Gaya Hidup Sehat pada Anak

Ilustrasi orangtua dan anak.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Setiap orangtua ingin anaknya memiliki pola hidup yang sehat, seperti konsumsi makanan sehat dan senang berolahraga secara teratur. Namun, alih-alih menyuruh anak untuk makan sayur dan bermain di luar (daripada hanya duduk menonton tv) justru biasanya orangtua malah melupakan konsep 'children see, children do' dalam mengurus anak.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Karena itu, jika Anda ingin si kecil memiliki pola dan kebiasaan hidup yang sehat sebaiknya Anda terapkan terlebih dahulu pola hidup sehat pada diri Anda sendiri.

Seperti dilansir dari laman Times of india, berikut ini cara membentuk pola hidup sehat pada anak.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Menjadi contoh yang baik

Sebelum Anda memaksa si buah hati untuk makan sayur, Anda harus mencoba mengonsumsi sayur dan buah terlebih dahulu. Selain itu, terapkan cara makan dengan benar dan aktif bergerak. Contohkan hal tersebut di depan buah hati Anda sebagai motivasi untuk mereka.  untuk makan dengan benar dan aktif secara fisik, terutama di depan anak-anak.

Ajak Si Kecil Main Berkualitas di Akhir Pekan, Coba 4 Trik Ini Moms

Dengan melakukan kegiatan tersebut di depan anak, akan membangun pemahaman sekaligus Anda menjadi contoh baginya. Karena apa yang Anda lakukan selalu benar dan baik di mata si kecil.

Menjadi positif

Mendorong dan mendukung segala aktivitas anak sesuai dengan kemampuannya akan membuat buah hati Anda teringat sepanjang masa dengan hal itu. Pahami bahwa mereka tidak bisa selalu menjadi sempurna dalam berbagai hal. Buatlah pencapaian yang realistis agar si buah hati mampu meraihnya. Selain itu jangan lupa untuk mengapresiasi segala prestasi yang ia capai, tidak peduli kecil atau besar. hal tersebut mampu membantu anak untuk mengembangkan pemikiran yang positif dalam dirinya.

Bangun hubungan keluarga yang baik

Mengajak anak bersama anggota keluarga jalan-jalan, naik sepeda, pergi berenang, berkebun, atau hanya bermain petak umpet di luar akan membuat buah hati Anda bergerak aktif. Selain itu yang terpenting adalah, ketika melakukan kegiatan tersebut akan memperkuat hubungan Anda dan buah hati sekaligus membantu membangun hubungan yang harmonis antar anggota keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya