Efek Buruk Konsumsi Pisang untuk Sarapan

Pisang
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA.co.id – Pisang adalah satu dari sekian banyak buah-buahan yang praktis dikonsumsi kapan saja. Bahkan, banyak yang mengonsumsinya sebagai menu sarapan.

Awas, 10 Makanan Ini Tak Boleh Dikonsumsi di Pagi Hari

Namun tahukah Anda, ternyata konsumsi pisang untuk menu sarapan tidaklah disarankan, mengapa? Pisang memang kaya akan potasium, serat dan magnesium, namun kandungan 25 persen gula dalam pisang menjadikanya sebagai makanan yang tak disarankan untuk disantap pertama kali saat pagi hari.

"Konsumsi pisang di pagi hari tanpa dikombinasikan dengan menu lain, maka khasiat dari nutrisi yang terdapat di pisang tidak akan dirasakan oleh tubuh," kata Dr. Daryl Gioffre dilansir The Sun.

Jangan Salah, Jenis Pisang Ini Mampu Obati Asam Urat dengan Tuntas

Konsumsi pisang di pagi hari, juga perlu diketahui bisa meningkatkan gula darah, begitupula dengan keasaman tubuh.

Dr Gioffre juga menjelaskan bahwa gula yang dikonsumsi dalam bentuk apapun akan mengalami proses fermentasi. Gula tersebut akan berubah menjadi asam dan alkohol di dalam tubuh. Tentunya zat tersebut akan menghambat proses pencernaan Anda.

Cerita Raisa Suka Pisang: Bisa Naikin Mood Kalau Lagi Lemas

Namun jangan khawatir, konsumi pisang di pagi hari akan lebih bermanfaat jika diimbangi dengan makanan yang mengandung lemak baik seperti selai kacang, yoghurt, bubur dan lain-lain. Makanan pendamping tersebut akan membantu menetralisir kadar asam dan melancarkan metabolisme dalam tubuh.

sarapan pagi.

10 Rekomendasi Sarapan Pagi di Jakarta, Enaknya Bikin Nagih

Rekomendasi sarapan pagi di Jakarta memang punya banyak pilihan. Ada 10 lokasi favorit dan dikenal legendaris demi memanjakan perut kosong di pagi hari.

img_title
VIVA.co.id
15 Februari 2022