Spiral Akibatkan Nyeri Perut?

Tanya :
Saya (30) ibu seorang putri berusia 2.5 tahun. Setelah melahirkan (normal) saya ikut program KB dengan cara spiral. Namun, jika terlalu lama duduk, perut bagian bawah terasa kaku dan sedikit sakit. Kadang keluar bercak darah kental. Apakah keluhan ini ada hubungannya dengan spiral?

fxx@cbn.net.id   

Jawab:
Nyeri perut bawah pada pemakai spiral dapat merupakan hal yang normal, namun dapat pula merupakan pertanda adanya kelainan. Akan tetapi, duduk dalam waktu lama, bukan merupakan penyebab dari kelainan yang Anda alami.

Beberapa penyebab yang mungkin berhubungan dengan keluhan Anda adalah adanya kontraksi rahim yang memang mungkin terjadi pada pemakai spiral. Bila keluhan ini terjadi pada masa ovulasi (pelepasan sel telur), maka nyeri perut disertai flek berlendir merupakan keadaan yang normal.

Penyebab lain adalah letak atau posisi spiral di dalam rahim yang tidak tepat, sehingga menyebabkan nyeri perut bagian bawah. Selain itu, kemungkinan adanya infeksi di dalam rongga panggul juga perlu dijajaki melalui pemeriksaan fisik dan laboratorium.

Oleh karena itu, memeriksakan diri ke dokter merupakan langkah yang tepat untuk mengetahui penyebab pasti. Dengan demikian masalah dapat cepat diatasi sebaik-baiknya.

Hadiri Buka Puasa Partai Golkar, Prabowo-Gibran Duduk Semeja dengan Airlangga
Pertemuan Presiden Jokowi CEO Freeport McMoran Richard C Adkerson. (foto ilustrasi)

Freeport Boss Meets Jokowi to Discuss Mining Contract Extension

Indonesian President Joko Widodo (Jokowi) received a visit from officials of mining company Freeport McMoran at the Merdeka Palace, Jakarta, on Thursday.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024