Awas, Kenali Tanda-tanda Depresi Melalui Fisik

Ilustrasi gangguan jiwa
Sumber :
  • Pixabay/Lando

VIVA.co.id – Depresi sudah menjadi hal yang tak jarang terjadi saat hidup mengalami beban kerja dan tekanan. Gangguan ini bisa terjadi baik terhadap lelaki maupun perempuan tanpa mengenal usia. 

Depresi, Pria Muda Bunuh Diri Loncat dari Lantai 8 Apartemen

Tanda-tanda seseorang mengalami depresi bisa berbeda satu dengan lainnya. Cirinya antara lain sensitif, mudah tersinggung, suasana hati yang buruk, gampang marah, menarik diri dari pergaulan dan banyak lagi. Semua tanda tersebut berhubungan dengan jiwa atau pikiran. 

Lantas bagaimana dengan tanda-tanda fisik?

Supaya Lebih Gembira, Ibu di Inggris Ubah Nama dan Gaya Jadi Unicorn

Dilansir laman Boldsky, sebuah penelitian menunjukkan bahwa terdapat kaitan langsung antara sakit kepala dengan depresi. Seseorang yang mengidap depresi biasanya sering mengalami migrain dan sakit kepala.  

Selain itu, pengidap depresi juga memiliki masalah pencernaan seperti konstipasi, kembung dan iritasi usus. Jika Anda sering mengalami gangguan tersebut maka ada baiknya memeriksakan diri.  

Depresi, Anggota Kostrad Diduga Tusuk Diri Sendiri di Kemayoran

Tidak hanya perut dan kepala, nyeri pada tubuh atau sendi juga bisa menandakan gejala sedang mengalami depresi. Lebih jauh, penelitian menemukan bahwa mereka yang depresi biasa mengalami sakit punggung kronis.

Selain itu, depresi juga diyakini bisa memicu penyakit seperti sakit di dada, penyakit kardiovaskular hingga serangan jantung. 

Pusing juga bisa menjadi tanda seseorang sedang mengalami depresi. Hal ini berkaitan dengan kurangnya seseorang yang depresi menjaga kesehatannya. Pada kegiatan sehari-sehari, seseorang yang berpotensi mengalami depresi juga biasanya akan gampang lelah dan merasa lebih senang menghabiskan waktu di tempat tidur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya