Enam Makanan yang Wajib Dihindari Saat Perut Kosong

Pisang
Sumber :
  • Pixabay/Steve Buissinne

VIVA.co.id – Makanan dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi serta nutrisi penting. Namun, jika dikonsumsi di saat yang salah, makanan justru akan membahayakan. Untuk itu, Anda harus tahu apa yang akan atau sedang Anda makan.

5 Makanan ini Sebaiknya Jangan Dikonsumsi saat Perut Kosong

Terkadang saat lapar Anda tidak peduli dengan makanan yang disantap. Padahal terdapat makanan tertentu yang harus Anda hindari saat perut dalam keadaan kosong. Apa saja itu? Berikut ini di antaranya seperti dilansir Boldsky.

Gula

8 Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi saat Perut Kosong

Ketika Anda mengonsumsi banyak gula atau makanan dengan kadar gula tinggi, maka tubuh tidak bisa memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah. Hal ini tentu akan menyebabkan kadar gula darah Anda meningkat.

Tomat

Minum Susu Sapi di Pagi Hari saat Perut Kosong, Timbulkan 7 Efek Samping Berbahaya Ini

Tomat memang jenis sayuran yang baik untuk kesehatan. Namun, jangan konsumsi tomat saat perut dalam keadaan kosong. Asam dalam tomat akan bereaksi dengan asam dalam perut dan akan membentuk kristal-kristal di dalam perut.

Makanan pedas

Makanan pedas sangat tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat perut kosong. Makanan ini akan menyebabkan reaksi asam dalam perut dan memicu sakit perut.

Pisang

Pisang merupakan salah satu buah terbaik namun tidak di saat perut kosong. Jika dikonsumsi saat perut kosong, kadar magnesium akan meningkat dan akan mempengaruhi keseimbangan kalsium dalam darah. Jika ini terjadi, maka akan memicu masalah kesehatan lain.

Ubi

Ubi tidak boleh dikonsumsi saat perut kosong. Kandungan ubi seperti tanin dan pektik akan mempengaruhi dinding perut dan mempercepat produksi asam lambung.

Soda

Pewarna buatan, asam karbonat dalam soda sangat berbahaya bagi tubuh bila dikonsumsi saat perut kosong. Soda yang bercampur dengan asam di perut dapat memicu masalah kesehatan serius.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya