Mengenal Cara Membuat Segelas Latte Nikmat

Ilustrasi latte
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Tak bisa dipungkiri saat ini kedai kopi kian menjamur. Aneka macam kopi disajikan baik dengan menggunakan biji kopi lokal atau impor. Nah, salah satu menu racikan kopi susu yang paling digemari adalah latte. Selain karena rasanya yang nikmat, kopi ini bisa dikreasikan sesuai selera.

Cara Stefani Horison Buktikan Kopi Indonesia yang Terbaik

Jika Anda terlalu malas berkunjung ke kedai kopi untik menikmati segelas latte, Anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Randy Raenaldhy selaku R&D Maxx Coffee Indonesia memberikan sedikit tips untuk membuatnya.

Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah ekstrak kopi. Randy secara pribadi biasanya mendapatkan ekstrak kopi dengan perbandingan 3:1. Komposisi kopi tiga kali lebih banyak ketimbang air.

Tak Suka Kopi Pahit? Coba Tambahkan Garam

"Kalau saya pribadi, satu air dan tiga kopi biar dapat ekstraknya, biar dapat rasanya, kalau mau crema dan coklatnya tebel itu susah kalau di rumah," kata Randy saat ditemui di Maxx Coffee di sebuah pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta Selatan, Rabu, 15 September 2015.

Namun, bagian paling penting dalam membuat latte adalah susu. Latte memang terbilang lebih creamy dibanding cappucino atau kopi lain. Anda harus memiliki alat khusus yang disebut plunger. Alat ini digunakan untuk membuat susu agar memiliki busa (foam). Susu yang dituang kedalam plunger dikocok untuk menghasilkan foam.

Rio Dewanto Minum Puluhan Cangkir Kopi dalam Sehari

Sayang, Randy sendiri mengatakan bahwa sejauh ini belum ada alat alternatif lain selain plunger untuk membuat latte.

Bisa saja Anda mengocok sendiri susu tersebut dengan alat lain, namun rasa dan tekstur busa yang didapat tentu berbeda.

"Kocokan itu mempengaruhi rasa. Kalau minum dan berbusa itu kan enggak enak, mestinya busanya halus kan enak," kata Randy.

Sebaiknya gunakan susu cair untuk membuat latte dan susu bisa disajikan hangat atau panas. Suhu maksimal untuk susu campuran latte adalah 65 derajat Celsius. Perbandingan komposisi kopi dan susu dalam latte adalah 3 (susu) banding 1 (kopi).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya