Kenali 7 Penyebab Lelah Berkepanjangan

Seorang laki-laki sedang tidur pulas.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Apakah Anda sering merasa lelah akhir-akhir ini sehingga mengganggu aktivitas Anda? Rasa lelah luar biasa tentu sangat menggangu kegiatan Anda sehari-hari. Tubuh akan tetap segar dan aktif jika persediaan energi berada dalam batas cukup.

Tetap Sehat Meski Suka Makan Fast Food, Begini Caranya

Saat tubuh tidak lagi memproduksi energi, maka Anda akan merasa lelah. Ini bisa saja disebabkan oleh berbagai hal seperti penyakit atau gangguan dalam tubuh. Apa saja yang bisa menyebabkan rasa letih? Berikut di antaranya dilansir laman Boldsky.

1. Anemia

5 Makanan Lezat Ini Bisa Bikin Vagina Sehat

Salah satu penyebab umum kelelahan adalah anemia. Tubuh saat itu tidak memiliki cukup banyak sel darah merah. Hal ini biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi.

2. Hipertiroid

Cara Aman Pisahkan Makanan Demi Hindari Keracunan

Hipertiorid adalah sebuah gangguan hormon. Metabolisme tubuh meningkat sangat cepat sehingga otot menjadi lelah.

3. Diabetes

Diabetes merupakan penyakit akibat gangguan metabolisme. Tubuh tidak memproduksi insulin dengan jumlah tinggi sehingga menyebabkan tubuh menjadi lelah.

4. Depresi

Jika Anda selalu merasa lelah dan diikuti dengan suasana hati yang tidak baik, bisa jadi Anda sedang mengalami depresi. Temuilah dokter atau ahli untuk mengatasi hal ini.

5. Arthritis

Selain empat hal di atas, arthritis bisa menjadi penyebab kelelahan. Biasanya diderita oleh orang usia lanjut. Sendi dan otot mengalami inflamasi dan menjadi perih dan bahkan imunitas pun menjadi berkurang.

6. Gelaja kelelahan kronis

Penyebab umum kelelahan adalah Gejalan Kelelahan Kronis (CFS). Biasanya sulit untuk menjelaskan apa penyebab kelelahan tersebut.

7. Merokok

Merokok adalah salah satu penyebab timbulnya kelelahan. Meskipun bukan dikategorikan sebagai gangguan, rokok bisa mengganggu kesehatan dan merusak sel dalam tubuh sehingga tidak menutup kemungkinan membuat tubuh menjadi lelah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya