Pelajaran Hidup yang Wajib Diajarkan pada Anak

Ibu dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/ Eelementus

VIVA.co.id – Sebagai orangtua, pasti Anda ingin buah hati Anda mendapatkan pelajaran hidup yang Anda harap dulu bisa Anda dapatkan saat kecil. Seperti menanamkan sifat menjunjung tinggi moralitas, kebaikan, dan penuh kehati-hatian.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Dikutip dari laman Metro.co.uk, berikut daftar pelajaran hidup yang wajib orangtua ajarkan pada anak-anaknya.

1. Kebaikan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Luangkanlah waktu untuk mencontohkan dengan mengatakan atau melakukan sesuatu yang baik. Misalnya dengan memuji rambut seseorang atau menawarkan bantuan untuk membawakan barang orang lain. Kebaikan tidak memerlukan biaya, tapi dengan berbuat baik untuk menolong orang lain pastinya akan membuat Anda dan buah hati sama-sama bahagia.

2. Besar hati menerima kemenangan dan kekalahan

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya

Menjadi nomor satu atau terakhir, tetaplah sopan pada orang lain yang ikut berkompetisi. Tidak ada yang menyukai pemenang sombong, atau orang kalah yang sinis. Tapi, orang yang menjabat tangan setiap peserta akan memberikan contoh sikap sportif.

3. Pilih panutan dengan bijak

Selebriti bukanlah panutan terbaik karena sering disebut narsis, kasar, putus asa, dan kesepian. Gaya hidup mereka mungkin terlihat menggoda, tapi anak-anak harus belajar bahwa orang-orang di sekitar mereka akan memberikan contoh yang lebih realistis.

4. Menjaga lingkungan

Daur ulang, gunakan apa yang hanya dibutuhkan, dan belajar untuk menyukai berjalan kaki atau bersepeda daripada tergantung pada kendaraan bermotor.

5. Menantang diri

Semua orang punya zona nyaman, tapi anak akan tahu sampai di mana kemampuannya jika dia keluar dari zona nyamannya.

6. Pengalaman jauh lebih berharga

Ketika mereka sudah punya penghasilan sendiri, penting bagi mereka untuk mengeluarkannya dengan bijak. Mobil, perhiasan, dan pakaian mungkin menggoda untuk dimiliki, tapi pengalaman hidup yang lebih berharga jauh lebih penting dan akan menetap di hati seumur hidup.

7. Pegang janji

Menjadi orang yang dipercaya adalah sifat terbaik yang harus dimiliki seseorang. Meskipun orang di sekelilingnya tidak bisa diandalkan, jadilah yang terbaik dan pegang setiap kata yang terucap.

8. Meski salah, tetaplah jujur

Semua orang berbuat salah, tapi jangan jadikan itu penghalang mencoba sesuatu. Yang terpenting adalah jujur. Jika berbuat salah, akui saja.

9. Menjaga diri

Sangat penting untuk menjaga tubuh kita. berolahraga, makan makanan sehat, dan luapkan perasaan apapun yang kita rasakan.

10. Kendalikan diri

Kita mungkin tidak punya kuasa untuk mengatur apa yang harus dilakukan orang lain, tapi kita bisa mengendalikan apa yang kita lakukan pada orang lain. Jika ada yang menyinggung kita, ambil napas dalam dan tetap tenang.

11. Belajar apapun dari siapapun

Berapapun usia mereka, darimana mereka berasal, apa pekerjaan mereka, atau bagaimana rupa mereka, setiap orang punya cerita tersendiri dan kita bisa belajar sesuatu yang baru dari mereka.

12. Jangan berhenti peduli

Bersimpati pada orang yang tersakiti, dan berbagi kebahagiaan dengan siapapun ketika semuanya berjalan baik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya