Ternyata Penyakit Ini Bisa Dideteksi Lewat Warna Kuku

Ilustrasi kuku.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Warna kuku yang normal adalah sedikit berwarna merah muda dan putih. Tapi, jika Anda mulai melihat ada sedikit perubahan tidak biasa pada warna kuku dan teksturnya, Anda harus segera waspada. Karena, itu bisa menjadi tanda adanya penyakit berbahaya.

Kenali Program Deteksi Dini Penyakit yang Ditanggung BPJS

Biasanya saat terkena demam atau infeksi jamur tertentu, akan ada beberapa perubahan dalam tekstur kuku Anda. Namun, perubahan tertentu pada kuku Anda juga bisa menjadi indikasi adanya masalah kesehatan yang serius terkait dengan jantung, tiroid, liver, paru-paru, kekebalan tubuh, dan anemia.

Oleh karena itu, perubahan ini tidak boleh diabaikan. Anda perlu segera memeriksakan kondisi ini dan memberikan intervensi medis sebelum terlambat.

Program 'Nusantara Sehat' Turunkan 80 Persen Kasus Diare

Berikut ini adalah perubahan dalam warna dan tekstur kuku yang mengindikasikan kondisi kesehatan Anda seperti dilansir laman Boldsky.

1. Warna kuku kuning pucat
Warna kuku yang berubah menjadi kuning pucat, bukan hanya disebabkan oleh infeksi jamur, ini juga bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan seperti tiroid, penyakit paru, dan diabetes.

6 Rahasia Jitu Kikis Kolesterol dalam Tubuh

2. Kuku putih
Jika Anda menemukan kuku Anda berubah menjadi putih terutama di bagian pinggirannya, ini bisa menandakan kadar protein di dalam tubuh Anda menurun dan ini merupakan tanda adanya penyakit liver.

3. Kuku patah atau terbelah
Anda mungkin pernah menemukan kuku Anda terbelah atau patah, bahkan terlepas dari kulit. Ini bisa disebabkan adanya penyakit tiroid, diabetes atau sirkulasi yang tidak normal.

4. Kuku kebiruan dan bergaris hitam
Kuku menjadi kebiruan atau terdapat garis hitam jika membentur sesuatu. Tapi, Anda juga harus berhati-hati karena ini bisa disebabkan adanya penyakit paru atau melanoma, sejenis kanker kulit.

5. Kuku berbentuk sendok
Jika menderita kekurangan zat besi atau anemia, Anda akan menemukan kuku Anda mulai balik ke atas dan membentuk seperti sendok. Ini bisa disebabkan aliran darah ke jari yang terganggu. Kondisi ini juga bisa muncul karena penyakit tiroid dan jantung.

6. Kuku membengkak
Terkadang Anda bisa melihat ujung jari melebar dan kuku menjadi melingkar di ujung hari. Ini merupakan tanda Anda menderita penyakit paru, masalah jantung, penyakit liver, bahkan AIDS.

7. Garis dalam di tengah kuku
Garis dalam di tengah kuku juga disebut dengan Garis Beau, merupakan tanda seseorang mengalami kekurangan zat seng. Hal ini dapat mengakibatkan rambut rontok yang parah, masalah mata, berat badan menurun, dan keterbelakangan mental.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya