Mengapa Anak Rentan Sakit saat di Daycare?

Ilustrasi Tempat Penitipan Barang
Sumber :
  • Pixabay/Grey Beard

VIVA.co.id – Menitipkan anak di daycare menjadi solusi bagi orangtua yang bekerja. Pada umumnya, daycare atau tempat penitipan anak memiliki kegiatan edukatif selain hanya menitipkan anak.

Lewat tempat penitipan, anak juga bisa bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya. Tumbuh kembang psikologi anak memang penting, namun yang seringkali luput dari perhatian orangtua adalah kebersihan area penitipan.

Heboh Uang Jajan Anak Artis, Arie Untung dan Fenita Arie Terapkan Kesederhanaan

Spesialis anak, Henry Ukpeh, membenarkan bahwa suatu hal yang normal untuk anak-anak mengalami masalah pada kesehatannya usai bermain dengan anak lainnya di tempat penitipan anak. Hal ini terjadi akibat tempat penitipan tersebut memang menjadi lingkungan yang sempurna untuk transmisi berbagai virus.

Dilansir dari laman Todayparents, beberapa masalah kesehatan yang cenderung terjadi yaitu flu, sakit perut, mata merah, maupun penyakit pada kaki, tangan serta mulut, yang disebabkan virus. Kuman-kuman ini begitu mudah menyebar secara kontak langsung maupun tidak langsung melalui bersin dan batuk, menyentuh hidung di saat berbagi makanan dan mainan.

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Tidak hanya itu, penyakit yang sudah semakin parah seperti diare biasanya membuat si kecil kekurangan cairan. Sehingga, kebanyakan orangtua sudah melewati masa pencegahan dan harus membawa si kecil ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Saran terbaik yang direkomendasikan agar mencegah si kecil terhindar dari masalah kesehatan yaitu pemberian makanan bernutrisi baik dan istirahat yang cukup serta rajin menjaga kebersihan tubuhnya. Menjaga imun si kecil dengan pemberian protein, seng, vitamin C dan D serta makanan yang jauh dari gula.

Bingung Pilih Sekolah untuk Anak? Ini 5 Tipsnya
Gejala umum dari diare adalah demam bisa diukur dengan termometer bentuk stiker

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Gejala umum dari diare adalah demam, yang biasanya meningkat saat anak-anak semakin sakit. Di Jawa Barat, telah tercatat ribuan kasus diare dalam setahun terakhir.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024