Virus Zika Mulai Menghilang di Kawasan Wynwood, Miami

Poster peringatan virus Zika di Bandara Soekarno-Hatta.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Kabar baik mengenai virus zika hadir di Miami, dikabarkan virus tersebut dinyatakan menghilang di kawasan Wynwood. Kawasan yang sebelumnya disebut sebagai tempat aktif transmisi virus zika, kini sudah tidak ada lagi kasus yang menyerang penduduknya sejak Agustus silam.

Virus Zika Picu Mikrosefali di Berbagai Negara, Bagaimana Indonesia?

Centers for Disease Control And Prevention (CDC) telah memperbarui travel warning untuk area tertentu dan telah memperbolehkan wanita hamil untuk berkunjung ke Wynwood Miami, Florida Amerika Srikat. Namun, wanita hamil dan pasangannya harus tetap memerhatikan gigitan nyamuk di sekitar, seperti dilansir dari laman Huffingtonpost.

Sayangnya, zona transmisi aktif pada virus zika mulai bergeser ke kota Miami Beach, tempat populer yang dikunjungi oleh turis, di mana zona awalnya hanya sepanjang 1,5 mil menjadi 4,5 mil. Departemen Kesehatan Florida memperluas zona tersebut pada Jumat lalu, usai peneliti menemukan tiga wanita dan dua pria yang mengalami gejala virus zika selama satu bulan.

Ada Virus Baru Disebarkan Nyamuk, Gejalanya Mirip Zika

Jumlah terakhir, telah diidentifikasi sebanyak 93 non-travel yang dikaitkan dengan virus zika, termasuk masyarakat yang tinggal di luar Florida, dengan virus zika yang juga ada di daerahnya. Dari jumlah tersebut, sebanyak 35 kasus berasal dari zona aktif di kawasan Miami Beach.

Kendati demikian, direktur CDC, Dr. Tom Frieden tetap memberikan apresiasi kepada agen kesehatan di Florida yang telah berhasil melawan nyamuk terkait virus zika di kawasan Wynwood. Namun, ia juga menyarankan agar tetap waspada jika nyamuk kembali datang dan kasus terkait zika hadir.

Virus Zika Diklaim Mampu 'Membunuh' Kanker Otak

"Kita telah mencapai tahapan ini karena proses yang disebabkan oleh kontrol nyamuk di area yang terinfeksi. Tapi tetap, kita harus membuat masyarakat untuk waspada jika saja nyamuk kembali datang ke sini," ujar Tom.

(mus)

Ilustrasi nyamuk.

750 Juta Nyamuk Buatan Siap Dilepas untuk Lawan DBD dan Virus Zika

Adakah dampak negatif terhadap manusia dan lingkungan?

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2020