TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Netizen Debatkan Nasi Goreng, Berasal Dari Mana?

Kontroversi klaim nasi goreng gara-gara cuitan Rio Ferdinand.
Netizen Debatkan Nasi Goreng, Berasal Dari Mana?
Ilustrasi nasi goreng (Pixabay)

VIVA.co.id – Nasi goreng, dalam Bahasa Inggris juga disebut sebagai fried rice. Makanan ini sangat disukai masyarakat Indonesia tanpa mengenal status sosial. Dari pedangang gerobak di pinggir jalan hingga restoran mewah menawarkan menu nasi goreng tersebut.

Netizen belum lama ini juga dihebohkan gara-gara nasi goreng. Rio Ferdinand, pesepak bola dunia itu mencuit tentang nikmatnya nasi goreng saat berada di Singapura. Ia menulis, "Robe game is nice!! Nasi goreng lunch. Keeping it local in #Singapore."

Cuitan tersebut langsung menjadi perbincangan panas. Sejumlah netizen Indonesia marah dan memberitahu Rio jika nasi goreng bukan dari Singapura. Namun tak sedikit juga netizen dalam hingga luar negeri menulis kalau nasi goreng tidak hanya ada di Indonesia. Lantas, sebenarnya dari negara manakah nasi goreng berasal?

Dilansir dari Wikipedia Indonesia, nasi sendiri sudah menjadi panganan penting bagi masyarakat Tionghoa sejak 4000 SM. Nasi goreng diketahui dibawa perantau-perantau Tionghoa ke berbagai negara yang tersebar di Asia Tenggara dan memiliki kekhasan lokal masing-masing berdasarkan bumbu dan cara menggorengnya.

iFood.TV juga menulis bahwa teknik memasak dengan cara menggoreng dan mengaduk dari China banyak diadaptasi oleh Indonesia dan Malaysia saat aktivitas perdagangan negara-negara ini mencapai puncaknya sekitar abad ke-10 dan 15. Orang China disebut lebih nikmat menyantap makanan yang masih panas, karena itulah nasi itu digoreng lagi sebelum dimakan.

Banyaknya imigran China di berbagai negara membuat nasi goreng ini punya kekhasan masing-masing. Di China, nasi goreng biasanya dibuat lebih kuning dengan rasa yang gurih. Sementara di Singapura, nasi gorengnya diketahui dari daerah Kanton dengan bumbu kare kuning. Bahkan, selain di Asia Tenggara, nasi goreng juga ada di Asia lain, Eropa, bahkan Amerika.

Di Indonesia sendiri dikenal dengan nasi goreng pedas atau spicy fried rice dengan warna yang kecokelatan karena campuran kecap manis dan rempah lain di dalamnya. Isiannya yang terkenal antara lain ikan asin, babat, ayam, telur mata sapi, kambing, pete, dan lain sebagainya.

Kelezatan nasi goreng Indonesia ini diakui seluruh dunia. Dikenal sebagai masakan nasional Indonesia, nasi goreng pernah mendapat predikat 50 Makanan Terlezat di Dunia versi CNN Internasional. Polling internet yang diikuti 35 ribu orang itu menempatkan nasi goreng di posisi kedua setelah rendang.

Karena kelezatannya itu, tak heran jika dunia mengenal nasi goreng Indonesia dengan baik. Dari Obama, artis Hollywood, artis Korea, dan banyak lagi menyebut nasi goreng adalah makanan favorit mereka di Indonesia.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP