Meninggal Setelah Berolahraga, Benarkah Serangan Jantung?

Gagal jantung merupakan kondisi di mana jantung tidak lagi mampu memompa darah ke seluruh tubuh.
Sumber :
  • pixabay/geralt

VIVA.co.id – Akhir-akhir ini banyak terjadi insiden di mana seseorang meninggal dunia setelah berolahraga. Bahkan hal ini banyak terjadi pada mereka yang masih berusia sangat muda. Banyak yang menduga serangan jantung adalah penyebabnya.

Sebelum Meninggal, Donny Kesuma Ngaku Tekuni Pekerjaan di Dunia Malam Selama 20 Tahun

Menurut dr. Maizul Anwar, SpBTKV, pada anak muda kejadian ini tidak hanya karena penyakit jantung koroner. Karena penyakit jantung koroner paling sering menyerang usia 40 tahun ke atas, meski ada pula yang terkena di bawah usia tersebut.

"Yang habis olahraga terkena serangan jantung ada, bahkan umur 20-an juga ada. Tapi bisa saja ini dikarenakan ada bekuan pembuluh darah," kata Maizul saat temu media di Rumah Sakit Siloam Kebun Jeruk, Jakarta, Selasa, 20 September 2016.

Duka Mendalam Baim Wong dan Armand Maulana atas Kepergian Donny Kesuma

Maizul menambahkan, penyakit jantung koroner menyerang usia muda jarang terjadi. Pada olahragawan biasanya ada yang dinamakan Hypertrophic cardiomyopathy atau otot jantung yang menebal.

"Hal ini menyebabkan kalau dia berolahraga, ototnya menjepit pembuluh darah sehingga suplai darah ke jantung berhenti. Jadi, bisa tiba-tiba serangan jantung," kata Maizul.

Riwayat Sakit Donny Kesuma Sebelum Meninggal, Alami Lemah Jantung Hingga Pernah Pasang Ring

Selain itu, bisa pula disebabkan gangguan aritmia yang bila terjadi secara tiba-tiba bisa menyebabkan meninggal dunia. Namun, presentasinya masih sangat kecil.

LeBron James dan putranya Bronny James

Sempat Kena Serangan Jantung, Putra LeBron James Masuk Draf NBA Musim Ini

 Putra LeBron James, Bronny, dirumorkan akan masuk dalam draf pemain NBA 2024, terlepas dari tahun pertamanya di bola basket kampus (NCAA)

img_title
VIVA.co.id
6 April 2024