Menilik Lima Fakta Mengejutkan tentang Nutella

Ilustrasi Nutella.
Sumber :
  • Pixabay/sipa

VIVA.co.id – Sejak beberapa tahun belakangan, nama Nutella telah menjelma menjadi sebuah bahan yang hampir selalu ada di setiap hidangan. Nutella bahkan tidak hanya disukai oleh satu generasi, bahkan dari mulai anak-anak hingga dewasa sangat menyukainya.

Serba-serbi Perayaan Valentine 14 Februari

Seperti banyak diketahui, Nutella adalah selai cokelat dan kacang hazelnut manis yang diproduksi oleh perusahaan Italia, Ferrero. Produk ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1964, dan telah menjadi favorit jutaan orang di seluruh dunia.

Nah, meskipun nama Nutella telah begitu populer di seluruh penjuru dunia, ada beberapa fakta unik yang tidak banyak diketahui dari makanan satu ini. Berikut ini lima faktanya, dilansir dari laman Fox News.

Deretan Tradisi Aneh Valentine di Seluruh Dunia, Ada yang Bikin Melongo!

Berasal dari resep kuno Italia

Nutella adalah kreasi dari Gianduja, produk cokelat batangan yang terbuat dari campuran sekitar 70 persen pasta hazelnut (kacang hazelnut yang dihaluskan) dan 30 persen cokelat. Cokelat tersebut diciptakan di Turin, Italia selama pemerintahan Napoleon sekitar tahun 1800.

Mengapa Hari Valentine Sangat Identik dengan Cokelat? Ini Faktanya

Peristiwa blokade Mediterania membuat cokelat menjadi makanan yang langka di Italia, sehingga masyarakat lokal mencampurkan cokelat dengan kacang hazelnut yang cukup banyak terdapat di wilayah tersebut. Gianduja sendiri mengambil nama dari karakter boneka yang populer di masa itu.

Bukan krim cokelat

Di bawah hukum Italia, Nutella hanya dapat disebut krim hazelnut, karena tidak memenuhi kriteria untuk padatan kakao minimal.

Menggunakan 25 persen pasokan hazelnut global

Setiap stoples Nutella mengandung sekitar 50 butir kacang hazelnut.

Ini seperti menyebarkan sebuah Candy Bar di Bread

Nutella mengandung 70 persen lemak dan gula. Setiap dua sendok makan Nutella mengandung 200 kalori, 11 gram lemak, dan 21 gram gula. Bahkan, Ferrero menghadapi gugatan beberapa tahun yang lalu terhadap iklan mereka yang menyebut bahwa Nutella adalah makanan bergizi.

Hari Nutella Sedunia

Sebagai makanan yang banyak disukai orang, Nutella pun punya hari khusus, yakni pada tanggal 5 Februari. Meski begitu, para penikmat produk ini juga merayakan tanggal 20 April karena pada tanggal itulah di tahun 1964 stoples pertama Nutella keluar dari pabrik.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya