Ternyata Kesepian Juga Disebabkan Faktor Genetik

Ilustrasi pria berbisnis.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Apakah Anda merasa kesepian dan sendiri? Anda tidak perlu merasa sedih, karena hal ini ternyata juga dirasakan banyak orang di sekitar Anda. Rasa kesepian kini sudah menjadi epidemi.

Pakar Ungkap Pria Harus 21 Kali Ejakulasi dalam Sebulan, Kenapa?

Kehadiran media sosial, kehidupan perkotaan, serta kesibukan bekerja menjadi faktor yang membuat banyak orang kini merasakan kesepian.

Tapi, selain faktor di atas, ternyata kesepian yang Anda alami mungkin saja diturunkan dari kedua orangtua Anda.

Peringkat UI Terbaik di Indonesia Berdasarkan Pemeringkatan Scimago

Dikutip dari laman Metro.co.uk, sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di Neuropsychopharmacology mengungkapkan bahwa Anda bisa mewarisi rasa kesepian pada keturunan Anda.

Menurut laporan dari The Science of Us, penelitian tersebut mengatakan bahwa kesepian merupakan sifat yang dapat diturunkan, karena kecenderungan merasa kesepian sudah mengalir dalam darah keluarga.

Samudra Tersembunyi Ditemukan di Perut Bumi, Tiga Kali Lebih Besar dari Lautan Biasa

Jadi, jika orangtua Anda merasa kesepian, kemungkinan besar Anda juga akan merasa kesepian. Dan, pola sifat kesepian ini pun akan berulang pada keturunan Anda.

Meski begitu, masih ada kabar baik dari temuan ini. Walaupun penelitian paling baru telah menegaskan bahwa kesepian bisa diturunkan, penelitian ini juga menunjukkan bahasa efek kesepian genetik tidak sekuat dari hasil penelitian terdahulu.

Mereka menemukan bahwa kecenderungan terhadap rasa kesepian genetik hanya sekitar antara 14-27 persen.

Memang Anda bisa menurunkan kesepian, dan beberapa orang juga merasa lebih kesepian dibanding yang lain, namun masih ada harapan bagi Anda.

Anda tidak akan menjadi kesepian selamanya hanya karena orangtua Anda tidak punya banyak teman ketika mereka muda. Masih banyak faktor lain yang juga ikut berperan. Dan ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki rasa sepi Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya