Deretan Makanan yang Mengandung Lemak Baik

Buah alpukat.
Sumber :
  • pixabay/Tookapic

VIVA.co.id – Ada sebuah kepercayaan umum bahwa dengan mengonsumsi makanan berlemak akan menaikkan berat badan dan menumpuk lemak di perut. Kemudian banyak akhirnya orang yang menghindari beberapa makanan yang mengandung lemak, karena tak ingin terlihat gemuk. Terlebih bagi mereka yang sedang mencoba menurunkan bobot tubuh.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Tetapi, ternyata tidak semua lemak itu jahat. Ada makanan tertentu yang mengandung lemak baik dan harus dimasukkan ke daftar menu makanan sehari-hari Anda. Perlu diketahui bahwa lemak baik bermanfaat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan dengan demikian mencegah beberapa gangguan kesehatan.

Berikut adalah daftar beberapa makanan yang mengandung lemak baik, seperti dilansir laman Boldsky.

Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Harian, Sayuran dan Buah Ini Sangat Rendah Protein

Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang paling dikenal mengandung lemak yang baik. Alpukat kaya akan lemak jenuh tunggal yang dikenal ampuh meningkatkan memori dan mencegah penyakit jantung. Yang perlu Anda lakukan adalah makan setengah buah alpukat setiap hari.

Kolesterol Naik Usai Lebaran? Jangan Panik, Ini 5 Tips Menurunkannya

Minyak kelapa

Ketika Anda sedang menjalani diet dan berencana untuk menurunkan berat badan, maka Anda perlu mengontrol konsumsi minyak. Tetapi menambahkan minyak kelapa murni ke dalam masakan, akan membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Kenari

Kenari adalah salah satu sumber asam lemak omega-3, protein, vitamin dan mineral terbaik. Kacang kenari memiliki zat antiinflamasi dan mampu membantu menurunkan tingkat kolesterol jahat, dan dengan demikian mencegah beberapa masalah kesehatan seperti penyakit jantung hingga pembentukan lemak pada hati.

Minyak zaitun

Minyak zaitun merupakan salah satu sumber vitamin A dan E terbaik. Minyak zaitun juga kaya akan magnesium dan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh sehingga mengurangi risiko penyakit jantung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya