Tips Dasar Merawat Sepatu Kulit Agar Awet

Ilustrasi sepatu kulit.
Sumber :
  • Pixabay/Unsplash

VIVA.co.id – Sepatu berbahan kulit memang telah menjadi alas kaki pilihan bagi sebagian orang. Sepatu tersebut dapat membuat Anda lebih gaya dan modis di depan umum.

Gak Lagi Sneakers, Tren Sepatu Kini Bergeser ke Dress Shoes

Harganya pun terbilang mahal, karena bahan pembuatnya sendiri berasal dari kulit hewan yang tentunya akan lebih  awet dan bisa bertahan lebih lama. Kendati demikian, cara perawatannya juga harus diperhatikan, agar sepatu kulit Anda tidak cepat rusak.

Terdapat aturan dasar dalam merawat sepatu berbahan kulit. Berikut ini paparannya dilansir laman Genius Beauty.

5 Cara Sederhana Merawat Sepatu Kulit Agar Awet dan Nyaman saat Dipakai

Bersihkan sepatu setelah dikenakan

Sepatu berbahan kulit sebaiknya harus dibersihkan setelah Anda pulang atau dikenakan daripada sebelum Anda akan pergi. Membersihkan sepatu kulit yang baik adalah membersihkannya dengan kain lembut atau spons.

Punya 30 Pasang, Soleh Solihun Ternyata Gemar Koleksi Sepatu Kulit Ini

Hindari menggunakan sikat yang terbilang keras karena akan menyebabkan munculnya retakan pada permukaan kulit. Sehingga sepatu akan terlihat lebih lusuh dan kurang menarik.

Hindari mencuci dengan air

Jangan mencuci sepatu Anda dalam air, Anda cukup menggunakan kain basah untuk membersihkannya. Kulit alami dapat menyerap kelembapan yang sangat cepat. Sementara kulit yang kurang baik, perlu waktu yang lama untuk mengeringkannya.

Semir sepatu kulit

Setelah dibersihkan dari kotoran dan debu, Anda harus mengeringkan sepatu tersebut. Ketika sepatu kering, oleskan semir sepatu secara merata dan gosokkan ke permukaan kulit.

Dianjurkan untuk menyemir sepatu lakukanlah saat malam hari. Hal ini untuk menghemat waktu agar semir pada sepatu dapat menyerap dengan baik.

Gunakan krim sepatu berbasis lilin

Untuk merawat sepatu kulit musim dingin, Anda perlu membeli krim sepatu khusus  berbasis lilin. Ini untuk melindungi sepatu dari efek zat kimia saat musim dingin.

Pengeringan sepatu kulit

Sepatu kulit harus dikeringkan pada suhu kamar, dan jauhi dari sinar matahari secara langsung. Untuk mempercepat proses, Anda dapat menaruh beberapa kertas di dalam sepatu yang tipis.

Kertas tersebut dapat menyerap kelembapan sekaligus mempercepat proses penjemuran sepatu. Selain itu, kertas dapat membantu mempertahankan bentuk sepatu yang benar.

Simpan di tempat yang benar

Ada dua cara untuk menyimpan sepatu sehari-hari, yakni  disimpan di ruang terbuka dan kedua disimpan dalam kotak. Menyimpan sepatu dengan benar dan tepat dapat menjaga umur sepatu kulit Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya