Lima Fakta tentang Pisau Keramik yang Belum Diketahui Orang

Ilustrasi pisau dapur.
Sumber :
  • Pixabay/PD_MAPHO

VIVA.co.id – Jika lain kali ingin membeli pisau, mungkin pisau berbahan keramik bisa menjadi pertimbangan. Belakangan ini, alat dapur berbahan keramik memang tengah populer, salah satunya berupa pisau. Biasanya pisau ini memiliki aneka macam warna menarik ketimbang pisau dapur baja biasa.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Selain warna yang menarik, pisau ini juga ringan dan sangat tajam. Memang pisau ini tidak bisa gunakan untuk berbagai keperluan layaknya pisau baja. Namun, jika Anda butuh pisau dengan presisi yang lebih tajam saat memotong bahan makanan, maka pisau ini tepat untuk Anda.

Masih banyak hal lain yang perlu Anda ketahui mengenai pisau keramik, berikut diantaranya dilansir laman The Kitchn.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

Tidak menyerap bau

Seperti namanya, pisau ini terbuat dari keramik yang biasa digunakan untuk membuat cangkir kopi dan peralatan makan lainnya. Namun ,keramik yang digunakan untuk membuat pisau bernama zirkonum oksida atau dikenal dengan nama zirkonia. Keramik jenis ini sangat kuat dan lebih kuat ketimbang pisau baja tahan karat. Tentunya pisau ini tidak akan berkarat dan tidak menyerap bau.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

Sangat tajam

Dalam uraian diatas telah disebutkan bahwa pisau ini sangat tajam. Pisau keramik memang tampak seperti pisau plastik, namun ternyata ketajamannya luar biasa. Tidak hanya itu, ketajaman ini juga bertahan cukup lama.

Ringan

Ketimbang pisau baja tahan karat, pisau ini memiliki bobot yang lebih ringan. Rata-rata berat pisau keramik adalah setengah dari berat pisau baja. Bobotnya yang ringan membuat pisau ini lebih mudah digunakan.

Rapuh

Pisau keramik memang tajam dan ringan, namun kekurangan pisau ini adalah rapuh. Jika terjatuh atau terhempas, maka pisau bisa saja pecah seperti benda keramik lainnya. Oleh karena itu, hati-hati dalam menggunakan dan menyimpan pisau ini.

Bukan pengganti pisau dapur

Taylor Erkkinen, co-founder Brooklyn Kitchen mengatakan bahwa pisau keramik bukanlah substitusi dari pisau dapur. Pisau ini bukan pisau yang cocok digunakan untuk semua jenis pengolahan makanan layaknya pisau dapur yang terbuat dari baja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya