FOTO: Menjelajahi Eksotisme Pulau Lengkuas di Belitung

Menikmati Keindahan Pantai Lengkuas di Pulau Belitung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Jujuk Ernawati

VIVA.co.id – Sejak fenomena Laskar Pelangi, eksotisme Pulau Belitung menjadi magnet wisatawan memilih provinsi ini sebagai destinasi wisata. Sebagai provinsi yang dikenal dengan wisata baharinya, salah satu pulau yang menawarkan keindahan panorama alamnya adalah Pulau Lengkuas. 

Bangka Belitung Ditargetkan Jadi Destinasi Wisata Dunia

Pulau dengan luas sekitar 1 hektare (ha) ini terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Bangka Belitung. Dengan pesona batu granitnya yang unik dan ukuran beraneka ragam, serta pasir putih yang lembut ditambah dengan hijaunya pepohonan di sekitar pantai yang didominasi pohon kelapa, pulau ini memiliki keistimewaan lain karena kehadiran mercusuar kuno setinggi  70 meter.

Jika berani, Anda bisa menaiki menara ini. Dibutuhkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit, tergantung kecepatan dan kemampuan Anda untuk sampai puncak. Dari atas mercusuar yang dibangun pada zaman penjajahan Belanda tahun 1882 tersebut, Anda bisa melihat pulau-pulau lain yang tidak kalah cantik, seperti Pulau Pasir, Pulau Batu Garuda  dan Pulau Batu Burung.

Korban Banjir di Belitung Terima Bantuan Rp2,72 Miliar

Untuk naik ke menara 18 lantai tersebut, pengunjung dikenakan biaya Rp5 ribu per orang dan diwajibkan melepaskan alas kaki demi kebersihan menara. Menara dibuka sejak pagi hingga pukul 17.00 WIB.

Pemandu wisata, Dayat mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke pulau ini tiap harinya bisa mencapai lebih dari 100 orang. Jika akhir pekan, jumlahnya bisa lebih banyak lagi, sehingga membuat pulau jadi sangat padat.

5 Makanan Eksotis Khas Belitung

"Itu karena Pulau Lengkuas adalah pusat di antara pulau-pulau sekitarnya. Kalau akhir pekan, kita sesuaikan dengan kondisi. Kalau di sini penuh, kita ke pulau lainnya dulu," kata dia kepada VIVA.co.id, Jumat, 23 September 2016.

Di sini, selain bisa naik ke mercusuar, dan main pasir, menjelajahi batu granit di bagian kiri pulau, wisatawan juga bisa snorkeling. Jika Anda tertarik, caranya tidak sulit untuk tiba di pulau ini.

Anda bisa menyewa perahu dari Tanjung Kelayang dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Sepanjang perjalanan, mata Anda akan dimanjakan oleh keindahan laut, batu granit, dan sejumlah pulau kecil di sekitarnya.

Adapun biaya naik perahu Rp500 ribu, dengan kapasitas delapan hingga 10 orang. Dengan biaya sebesar itu, Anda akan diajak menikmati empat hingga enam pulau di sekitarnya.

Simak foto-foto kecantikan pantai di Pulau Lengkuas di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya