TUTUP
TUTUP
VIVALIFE

Makanan Ini Efektif Usir Napas Bau Bawang Putih

Salah satunya, apel.
Makanan Ini Efektif Usir Napas Bau Bawang Putih
Ilustrasi bawang putih (Pixabay/postchiangmai0)

VIVA.co.id – Meskipun bawang putih baik untuk kesehatan, banyak orang cenderung menghindarinya karena bau mulut yang dihasilkan. Nah, baru-baru ini sebuah studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi apel mentah, daun mint atau selada setelah mengonsumsi bawang putih dapat membantu mengurangi bau menyengat di mulut.

Napas bau bawang putih  disebabkan oleh volatil, termasuk diallyl disulfide, alil mercaptan, alil metil disulfida, dan allyl methyl sulfide yang terkandung didalam bawang putih, kata para peneliti dari Ohio State University. Dalam studi tersebut, tim memberikan peserta tiga siung bawang putih yang beratnya 28 gram.

Mereka lantas diharuskan untuk mengunyahnya selama 25 detik. Mereka lantas diberikan apel mentah, daun mint dan selada untuk dikonsumsi.

Seperti dilansir dari Boldsky, temuan menunjukkan bahwa apel mentah dan selada mentah menurunkan konsentrasi volatil, yang merupakan penyebab utama timbulnya bau bawang putih, sebesar 50 persen atau lebih. Daun mint memiliki tingkat deodorisasi lebih tinggi dibandingkan dengan apel mentah dan selada mentah untuk semua senyawa volatil yang diukur.

Menurut para peneliti, makanan mendeodorisasi napas bawang putih melalui dua mekanisme.

Pertama, enzim dalam makanan mentah membantu menghancurkan bau, dan kemudian, fenolik, senyawa kimia yang terdiri dari kelompok hidroksil (-OH) yang terikat langsung ke grup hidrokarbon aromatik, baik di makanan mentah dan dimasak, ampuh menghancurkan volatil.

Inilah sebabnya mengapa makanan mentah umumnya lebih efektif mengusir bau bawang putih karena mengandung kedua enzim dan senyawa fenolik, kata Rita Mirondo dari Ohio State University, dalam makalah yang diterbitkan dalam Journal of Food Science.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP