Tips Meningkatkan Produksi Kolagen Agar Kulit Awet Muda

Ilustrasi wajah perempuan.
Sumber :
  • Pixabay/futurials

VIVA.co.id – Kolagen merupakan salah satu protein yang terdapat dalam tubuh dan banyak ditemukan pada jaringan ikat seperti kulit, ligamen dan tendon. Sekitar 25-30 persen dari semua protein di tubuh dibuat dari kolagen, yang ditemukan pada jaringan konektif seperti tulang rawan.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

Kolagen juga membantu mengurangi semua tanda-tanda penuaan. Namun, sekitar usia 25 tahun, tubuh akan mulai kehilangan kolagen sebanyak 1,5 persen setiap tahunnya.

Oleh sebab itu bagi Anda yang berada di usia di atas 25 tahun ke atas perlu memerhatikan produksi kolagen untuk mencegah proses penuaan kulit. Berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan produksi kolagen dilansir Boldsky.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Pijat

Pijat wajah Anda dengan jari jemari Anda minimal dua kali dalam sehari. Sekali di pagi hari dan sekali di malam hari.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini

Hal ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen. Bahkan dapat membuat tekstur wajah  Anda menjadi lebih baik.

Lembabkan kulit

Dehidrasi kulit bisa saja terjadi setelah produksi kolagen Anda habis. Jadi, sebaiknya lembabkan wajah Anda dengan pelembab berbasis air dan pijat pada wajah Anda, sehingga kulit Anda tetap terhidrasi dengan sempurna.

Kopi

Minum kopi sebenarnya berdampak buruk bagi kulit Anda. Sebaliknya Anda dapat membuat ramuan kopi yang dicampur bahan-bahan alami, seperti  lidah buaya.

Ini bagus untuk mengencangkan kulit Anda. Sebab dapat mencegah proses penuaan.

Ghee

Ghee, atau emulsi mentega, merupakan bahan alami yang benar-benar dapat meningkatkan kolagen. Pijatlah ghee di wajah Anda agar dapat memberikan kelembaban mendalam.

Vitamin C

Setiap bahan yang mengandung vitamin C  dapat membantu meningkatkan tingkat kolagen. Anda dapat membuat masker atau mengonsumsi jus dari jeruk atau jus lemon.

Berhenti merokok

Jika tidak demi paru-paru Anda, Anda dapat menghentikan rokok demi kulit Anda. Merokok dapat menghambat produksi kolagen yang lebih rendah.

Antioksidan

Carilah produk kulit yang memiliki antioksidan. Bahan seperti teh hijau dalam krim dan scrub dapat benar-benar bermanfaat untuk kulit. Bahkan menerapkan teh hijau secara langsung pada kulit dapat meningkatkan kualitas kolagen.

Toner

Toner membantu Anda dalam mengecilkan pori-pori dan membawa tingkat pH bawah kulit lebih normal. Ini juga akan membantu meningkatkan tingkat kolagen.

Eksfoliasi

Lakukanlah eksfoliasi wajah Anda membantu menyingkirkan sel-sel kulit mati dan melahirkan kulit baru yang lebih baik. Ini adalah langkah yang sangat penting dalam meningkatkan produksi kolagen.

SPF (Sun Protection Factor)

Matahari merupakan salah satu faktor kerusakan yang dapat mengurangi produksi kolagen. Untuk itu, Anda wajib menerapkan SPF secara teratur guna menghindari kulit terpapar sinar matahari secara langsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya