Tips Jitu Hilangkan Noda Kunyit Membandel

Ilustrasi kunyit
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Memasak dengan kunyit punya pengaruh besar karena menambah rasa yang unik untuk banyak makanan dan memiliki begitu banyak manfaat kesehatan. Jika Anda menggunakannya secara teratur sebagai bahan masakan, maka Anda perlu tahu bagaimana untuk menghilangkan noda kunyit.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Hal ini karena noda kunyit bisa menghitamkan pakaian Anda dan bahan berpori lain yang terkena kontak dengan kunyit, termasuk kulit Anda. Nah, berikut ini adalah beberapa tips menghilangkan noda kunyit, seperti dilansir dari Health Diaries.

Noda pada alat masak

4 Rempah Bisa Lancarkan Plak di Pembuluh Darah Jantung, Zaidul Akbar: Tapi Ada yang Lebih Penting

Memasak dengan kunyit bisa menodai berbagai alat masak selama proses persiapan. Jika Anda mnemukan noda kunyit di meja dapur Anda, gunakan pembersih berpasir dengan pemutih. Atau Anda bisa membuat pembersih meja sendiri dengan baking soda dan sedikit air. Gosok area yang terkena noda, bilas dan kemudian ulangi proses tersebut sebanyak yang diperlukan sampai noda hilang.

Jika lantai dapur terkena noda kunyit, cara terbaik untuk membersihkannya adalah dengan larutan pemutih yang lembut atau pembersih rumah tangga lainnya yang dirancang untuk permukaan spesifik.

Musim Hujan Bikin Gampang Sakit, Ramuan Herbal Ini Bisa Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Noda kunyit pada pakaian

Jika noda kunyit mengotori pakaian Anda, segera tangani secepat mungkin. Mulailah dengan membilas daerah bernoda dengan ai,  dan kemudian tambahkan sabun cuci piring cair ke noda dan diamkan selama setengah jam. Selanjutnya, bilas noda dan kemudian tuangkan sedikit cuka putih untuk membantu menyingkirkan warna kunyit.

Anda juga dapat mencoba menggosok noda dengan potongan lemon dan kemudian menaruhnya di bawah sinar matahari untuk sementara sampai noda memudar. Setelah itu, cuci pakaian dengan deterjen dan jemur di tempat yang terkena sinar matahari.

Noda kunyit di kulit

Jika Anda ada noda kunyit di kulit Anda, baik secara tidak sengaja atau karena Anda menggunakan kunyit sebagai pengobatan kulit, coba untuk mengaplikasikan minyak, seperti minyak zaitun atau minyak jarak pada kulit dan menggosoknya dengan kain hangat.

Anda juga dapat mencoba menggunakan zat berbasis alkohol ringan pada daerah bernoda di kulit. Jika noda membandel dan tidak hilang segera, jangan khawatir, karena itu tidak akan permanen. Terus cuci daerah bernoda dan gosok dengan minyak. Noda akan memudar dalam beberapa hari.

Selamat mencoba!

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya