Ciri Anak Sehat Secara Fisik dan Emosional

Ilustrasi anak
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Siapa yang tidak mau memiliki dan melihat sang buah hati dalam keadaan sehat? Untuk itu, ada beberapa ciri anak sehat yang perlu dipahami para orangtua.

Mona Ratuliu Ungkap Pentingnya Bergaul Lahir Batin dengan Anak

Anak sehat terlihat dari pertumbuhan fisik yang cukup maupun perkembangan emosinya yang terjaga. Tumbuh dan kembang tersebut juga harus dipantau agar dapat dinilai kesesuaiannya dengan usia si kecil.

"Pantau pertumbuhan fisik dengan ukur berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala. Dibutuhkan Kartu Menuju Sehat (KMS) agar dapat mencatat grafik pertumbuhan dan perkembangan bagan sesuai usia anak," ucap ahli nutrisi, dr. Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK, yang ditemui di acara Dukung Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Supel, SGM Eksplor, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa, 27 September 2016.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Dengan pemantauan yang baik, harus dipenuhi juga dengan nutrisi yang optimal, sehingga kombinasi tersebut membentuk ciri-ciri anak yang sehat di lingkungannya.

"Adanya pertumbuhan yang baik serta perkembangan tubuhnya yang sesuai usia. Bibir dan lidahnya juga tampak segar, kulitnya bersih dan tidak kering," ujarnya.

Benjol di Kepala Anak, Perhatikan! Ini yang Harus Orang Tua Lakukan

Anak yang pertumbuhan fisiknya telah optimal, diharapkan memiliki pertumbuhan emosional yang juga optimal. Disebutkan oleh Dian, ciri lain dari anak sehat yaitu aktif bersosialisasi.

"Anak-anak yang sehat juga terlihat secara emosional seperti aktif secara sosial dan mudah beradaptasi dengan lingkungan. Tidak hanya itu, anak sehat juga memiliki nafsu makan yang baik," kata dia. (ase)

Praktisi dan Peneliti Neuroscience Dokter Aisah Dahlan

Mendidik Generasi Tangguh: Tips Dokter Aisah Dahlan Cegah Anak Terjerumus Liberalisme

Aisah Dahlan menjelaskan bahwa dalam membimbing dan mendidik anak, orangtua harus melibatkan orang lain, termasuk selektif memilih tempat untuk sekolah.

img_title
VIVA.co.id
1 Maret 2024