Mahasiswa Cari Cara Mudah Kuliah di Luar Negeri

Mahasiswi melihat program study abroad
Sumber :
  • dok.ist

VIVA.co.id – Banyak cara dilakukan mahasiswa saat ini agar bisa mendapatkan kesempatan belajar ke luar negeri. Seperti yang dilakoni oleh kampus Universitas Prasetiya Mulya yang menggelar program Study Abroad bagi mahasiswanya yang telah memasuki semester enam.

HUT RI, Moonton Cares Berikan Beasiswa dan Jalin Kerjasama dengan Universitas

Elliot Simangunsong Ph.D, Pembantu Dekan IV Pengembangan dan Knowledge Dissemination Universitas Prasetiya Mulya, menyatakan, mahasiswa yang dinyatakan lolos nantinya akan menjalani pendidikan sesuai minatnya satu semester.

Setidaknya sembilan kampus luar negeri yang saat ini bisa dipilih mahasiswa yakni UNSW Australia, Zhejiang University, Deakin University, Universitas of Technologi Syney, Coventry University, University of Western Sydney dan Boston University.

Jadi Jago IT yang Bukan Kaleng-kaleng

"Nantinya nilai yang diperoleh selama menjalani Study Abroad akan ditransfer menjadi angka kredit atau SKS untuk nilai semester 6," katanya, Selasa 27 September 2016.

Diutarakan Elliot, tidak semua mahasiswa yang berminat otomatis bisa lolos karena harus menjalani proses seleksi, baik yang dilakukan di Universitas Prasetiya Mulya maupun di kampus yang dipilih.

Menteri Rini Jamin Magang di BUMN Tak Cuma Fotokopi dan Bikin Kopi

"Kami ingin yang kami kirim bukan mahasiwa yang asal-asalan dan tidak memenuhi syarat yang bisa mengakibatkan saat pengiriman mahasiswa tahun berikutnya," katanya.

Dikatakan Elliot, pihaknya telah menjalankan program ini sejak tiga tahun yang lalu dan telah mengirimkan 20 orang mahasiswa ke luar negeri.

"Mereka yang pernah menjadi Student Board umumnya mencari mata kuliah khusus yang belum ada atau pengembangannya sehingga mampu menambah pengetahuan khususnya mengenai bisnis," katanya.

Sementara itu, Dr Christiana Yosevina, Ketua Program S1 Universitas Prasetiya Mulya, menyatakan, pengiriman mahasiswa ke luar negeri melalui Study Abroad juga jawaban dari keinginan orangtua apakah anaknya bisa memiliki pengalaman sekolah di luar negeri.

"Orangtua mahasiswa enggan menyekolahkan anaknya ke luar negeri, karena takut tidak pulang. Makanya, kuliah satu semester ini lalu pulang untuk menyelesaikan studi, lulus lalu lanjutkan usaha orangtua," katanya.

Bagi Universitas Prasetiya Mulya, program ini sebagai langkah untuk menjadikan kampus berkelas internasional.

"Sebenarnya mempunyai keinginan untuk go international. Nah, pengiriman mahasiswa melalui Study Abroad sebagai langkah awal menuju go international," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya