Ini Salah Satu Penyebab Anak Sulit Bergaul

Ilustrasi anak merasa gleisah
Sumber :
  • pixabay/skitterphoto

VIVA.co.id – Beberapa anak terlihat lebih senang menyendiri dengan kepribadiannya yang sulit bergaul. Ternyata, salah satu penyebab dari hal tersebut adalah asupan gizinya yang tidak optimal.

3 Pola Asuh Orang Tua yang Berbahaya dan Berdampak Buruk pada Anak

Bergaul merupakan salah satu keterampilan sosial yang didapatkan dari banyak hal antara lain pola asuh orangtua dan asupan nutrisi. Khusus pada konsumsi gizinya yang optimal, memang harus diberikan sejak dini.

"Nutrisi baik harus diberikan sejak masa kehamilan,sebab nutrisi yang baik dapat menjadi faktor untuk membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih optimal. Terlebih, nutrisi yang mencukupi berkaitan dengan kognitif, motorik, serta sosial dan emosional," ucap ahli nutrisi, dr. Dian Permatasari, M. Gizi, SpGK, yang ditemui di acara Dukung Anak Indonesia Menjadi Anak Yang Supel, SGM Eksplor, di kawasan Gatot Subroto, Jakarta, Selasa 27 September 2016.

Soal Pola Asuh Anak, Rinni Wulandari dan Jevin Julian Pakai Cara Teamwork

Hal tersebut dibenarkan oleh Psikolog Anak, Anna Surti Ariani. Pada kesempatan yang sama ia mengatakan bahwa nutrisi yang tercukupi dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat. Tidak hanya itu, hal tersebut memang berdampak pada perilaku anak dalam bergaul dengan lingkungan sekitarnya.

"Kalau nutrisi tidak tercukupi, perkembangan anak biasanya tidak optimal di mulai dari IQ yang kurang. Itu menyebabkan anak menjadi rewel, cepat marah dan menarik diri karena adanya masalah emosi," ujar Anna.

Pola Asuh Orang Tua Penting Untuk Cegah Stunting

Anna menambahkan, bahwa kekurangan nutrisi berdampak pada tubuh anak yang tidak proporsional seperti stunting (sangat pendek). Dengan kondisi seperti itu, maka membuat si kecil sulit untuk bergaul dengan teman di lingkungannya.

"Stunting itu biasanya jadi minder, saat minder jadi enggak mau gaul, di situ timbul masalah di emosinya dan keterampilan sosial yang rendah. Atau ada juga lingkungan yang bully karena masalah tubuhnya itu," ujarnya.

Natasha Rizky

Parenting Natasha Rizky Jadi Sorotan, Netizen Sindir Desta

Natasha Rizky mengaku tidak berani untuk memberikan tips gaya parentingnya. Sebab, Natasha merasa bahwa hingga saat ini masih banyak belajar menjadi orang tua. 

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024