Mengenal Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan

Ilustrasi Ketumbar
Sumber :
  • Pixabay/ PDPics

VIVA.co.id – Ketumbar selama ini dikenal sebagai salah satu bumbu masak yang sering digunakan di dapur. Bumbu ini juga cukup populer di beberapa negara di Asia.

Petugas TPS dan KPPS Harus Fit di Hari Pemilu, Begini Tips Jaga Kesehatan dari PB IDI

Namun, tak hanya bermanfaat di dunia kuliner, ketumbar ternyata juga menyimpan manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaatnya dikutip dari laman Boldsky.

Mengatasi gangguan kulit

Kiat Alexandra Asmasoebrata Jaga Stamina dan Melestarikan Pembalap Perempuan 

Ketumbar memiliki kandungan antioksidan dan antiseptik. Konsumsi beberapa helai daun ketumbar mampu mengobati beberapa jenis penyakit salah satunya penyakit kulit seperti kulit kering, ekzema dan infeksi jamur. Konsumsi daun ketumbar saat perut kosong sangat dianjurkan.

Mengontrol tekanan darah

5 Kebiasaan Minum Sehat yang dapat Mencegah Diabetes, No 3 Paling Susah Dihindari

Selain mengatasi penyakit kulit, ketumbar juga mampu mengontrol tekanan darah. Konsumsi ketumbar akan menurunkan tekanan darah dan mampu mengatasi rasa stres yang diderita oleh mereka yang mengidap hipertensi.

Anemia

Ketumbar juga memiliki kadar zat besi yang tinggi. Tentunya zat besi sangat dibutuhkan oleh mereka yang mengidap anemia atau kekurangan darah. Konsumsi jus ketumbar setiap pagi dipercaya dapat mengatasi masalah ini.

Sariawan

Kandungan citronellol adalah komponen antiseptik utama yang terdapat dalam ketumbar. Ketumbar mengandung  antibakteri yang bisa mengatasi sariawan. Cukup dengan mengunyah daun ketumbar tiga kali sehari hingga sariawan lenyap.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya