Rahasia Kelezatan Waffle Buatan Rumah

Ilustrasi waffle.
Sumber :
  • Pixabay/Patikaipmuzika

VIVA.co.id – Waffle kini jadi hidangan favorit anak-anak. Bisa disantap dengan berbagai topping lezat mulai dari es krim hingga cocktail buah.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

Untuk menikmati waffle lezat, Anda dan buah hati pun bisa membuatnya sendiri di rumah. Bagi Anda yang sudah sering membuatnya, namun tak pernah berhasil menghasilkan waffle dengan warna emas kecokelatan dan juga renyah, ada tips untuk Anda.

Waffle, selain cukup mudah dibuat, juga merupakan makanan pembuka sekaligus penutup yang tepat untuk dibuat di rumah. Namun, seringkali masih banyak orang yang tidak bisa memasak waffle dengan tepat. Alhasil waffle yang dihasilkan bisa saja kurang matang atau bahkan gosong. Seperti dilansir Times of India, berikut tips membuat waffle dengan sempurna.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

1. Kocok putih telur dengan benar

Aturan pertama dalam membuat waffle adalah mengocok putih telur dengan benar, yakni dikocok hingga setengah mengembang. Selain itu konsistensi kocokan juga akan memengaruhi adonan.

Catat Mom, Trik Masak Sajian Buka Puasa dan Sahur Anti Ribet

2. Jangan biarkan lengket

Harus tahu takaran minyak atau mentega yang digunakan. Ini untuk mencegah agar waffle matang sempuran dan tidak lengket saat diangkat dari cetakan. Jika menempel, tambahkan minyak atau mentega kembali.

3. Sabar

Aturan paling sederhana saat membuat waffle adalah bersabar saat menunggu proses pematangannya. Jika waffle Anda menjadi keras dan kenyal, mungkin saat dimasak, cetakan yang digunakan masih kurang panas.

4. Rasa

Untuk menambah rasa agar waffle lebih nikmat, tuangkan ekstrak vanili atau almond dan tambahkan pada adonan.

5. Gunakan susu dan buttermilk

Waffle akan terasa lebih lezat jika dibuat dengan susu dan juga buttermilk. Masukkan kedua bahan itu dalam adonan Anda. Buttermilk membuat wafel lebih lembab namun dengan rasa yang luar biasa. Sedangkan susu membuat waffle lebih renyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya