Cara Mudah Bersihkan Noda Membandel pada Wajan Anti Lengket

Ilustrasi masak atau wajan.
Sumber :
  • Pixabay/Kropekk_pl

VIVA.co.id – Wajan anti lengket atau yang lebih dikenal dengan teflon, kini menjadi salah satu peralatan dapur yang banyak disukai oleh mereka pencinta aktivitas memasak.

Modal Alat Dapur, Wanita Ini Selamatkan Kucing dari Lilitan Ular Besar

Selain mudah dibersihkan, mereka para pencinta hobi memasak yakin, wajan ini tidak akan meninggalkan lengket akibat sisa masakan. Namun, hal itu tidak sepenuhnya benar. Saat masakan mengalami gosong, tentu sisa-sisa masakan bisa menempel dan sulit dibersihkan.

Jika Anda mengalami hal ini, ada trik untuk mencucinya, agar lapisan anti lengket di wajan tidak rusak.

4 Peralatan Dapur yang Membuat Memasak Lebih Sehat

Sebelumya, ada beberapa bahan yang harus dipersiapkan terlebih dahulu seperti dua sendok makan baking soda, gelas dan sendok ukur, detergen pencuci piring, lap serbet, minyak goreng dan handuk. Berikut tipsnya dilansir laman leav.tv.

1. Isi wajan dengan satu cangkir air dan dua sendok makan baking soda. Aduk bahan perlahan  dengan sendok.

Terlalu Kreatif, Gunakan Wajan Sebagai Pengganti Setir Mobil

2. Kemudian panaskan wajan berisi air dan baking soda tadi di atas kompor dan panaskan dengan api kecil selama kurang lebih 10 menit. Langkah ini, membantu Anda membersihkan sisa makanan atau minyak yang melekat di permukaan wajan.

3. Diamkan wajan hingga dingin

4. Bilas wajan dengan air hangat dan tambahkan sedikit detergen pencuci piring untuk membuat air sabun. Gunakan kain nylon yang telah dicelupkan air detergen, cuci kembali wajan, usapkan secara perlahan ke seluruh bagian wajan.Lalu bilas dengan air bersih untuk menghilangkan sisa detergen.

Ilustrasi wajan

Wajan antilengket kerap digunakan untuk memasak berbagai hidangan daging. FOTO: Pixabay/Security.

5. Setelah dibersihkan, segera keringkan dengan handuk lembut, simpan.

Perlu pula diingat, saat menghilangkan sisa masakan yang melekat di wajan, hindari mengoreknya dengan benda keras seperti kayu atau sendok stainless steel. Dan biasakan setelah menggunakan wajan anti lengket, segera isi bagian dalamnya dengan air bersih untuk mengangkat sisa makanan dan minyak yang melekat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya