Dadar Gulung, Dessert Khas Indonesia Favorit Turis Asing

Dadar Gulung
Sumber :
  • thisisinsider.com

VIVA.co.id – Hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut.

Banana Fritter from Indonesia Wins the World's Best Dessert

Hidangan penutup biasanya mempunyai rasa manis dan menyegarkan, terkadang ada yang berasa asin atau kombinasinya.

Setiap negara di dunia memiliki makanan penutup yang berbeda -beda. Hidangan ini, banyak dicari para turis karena bentuknya yang mudah untuk dibawa kemana saja.

Mantap! Pisang Goreng Jadi Hidangan Penutup Nomor 1 di Dunia

Selain itu, rasanya yang enak juga banyak dijadikan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ada sejumlah hidangan penutup, yang sangat terkenal di setiap negara, bahkan telah menjadi hidangan penutup favorit para turis asing. Di Indonesia misalnya, dadar gulung, kue berisi unti manis atau kelapa manis, ternyata banyak disukai para turis.

Dilansir dari Insider, berikut ini makanan penutup di dunia yang digemari para turis asing.

Hempas Bau Mulut dengan Obat Kumur, Begini Cara Pakainya Agar Wangi Seharian

Indonesia: Dadar gulung

Makanan ini digolongkan juga sebagai pancake. Namun yang jadi ciri khas, makanan tradisonal khas Indonesia ini diisi dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula jawa cair, biasa disebut unti. Rasanya manis, dan mudah ditemui di pasar tradisional maupun swalayan. Bentuknya yang unik membuat dadar gulung banyak diminati oleh para turis asing.

Amerika: Apple pie

Kue yang terdiri dari potongan apel dibungkus dengan adonan kue tart ini sudah terkenal dimana-mana. Selain dihidangkan dengan saus apel, makanan ini juga dapat disajikan dengan whipped cream, es krim vanila, atau bahkan keju cheddar.

Apple Pie

Turki: Baklava

Salah satu makanan spesial di Turki, baklava, sajian ini terdiri dari adonan phyllo berlapis campuran kacang cincang. Bentuknya yang menyerupai kotak cocok untuk makan bersama.

Italia: Gelato

Jalan-jalan di Italia Anda akan sering menjumpai penganan yang mirip es krim. Penduduk setempat menyebutnya dengan gelato, ini merupakan es krim versi Italia yang lembut. Gelato juga memiliki berbagai rasa, termasuk rasberry, pistachio, rum, dan cokelat.

Peru: Picarones

Picarones adalah donat Peru. makanan ini dibuat  dari bahan dasar ubi jalar yang di goreng dengan tepung , air gula dan dikombinasi dengan bahan-bahan lainnya.

Rusia: Syrniki

Orang-orang Rusia sangat menyukai syrniki, kue ini berbentuk seperti panekuk yang terbuat dari quark - produk susu segar dan dicampur dengan keju yang memiliki tekstur mirip dengan krim asam. Kue ini kemudian digoreng dan disajikan dengan selai, saus apel, krim asam, atau madu.

Spanyol: Tarta de Santiago

Tarta de Santiago adalah bahasa Spanyol untuk kue Saint James. Kue almond memiliki sejarah yang kaya. Berasal di Abad Pertengahan di Galicia, sebuah daerah di barat laut Spanyol.

Jepang: Mochi

Awal mula nama Mochi Jepang adalah mochigome, beras ketan yang ditumbuk menjadi pasta dan dibentuk melingkar. Mochi tersedia sepanjang tahun, tetapi paling sering dimakan dan dijual di tahun baru Jepang.

Mochi Jepang

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya