Lima Fakta Mengejutkan Efek Samping Krim Antijerawat

ilustrasi Krim wajah
Sumber :
  • Pixabay/Andreas

VIVA.co.id – Menjadi remaja sama artinya harus siap menghadapi berbagai persoalan kulit, mulai dari wajah yang semula mulus, kini tiba-tiba muncul jerawat. Belum lagi kulit berminyak, mulai tumbuh bulu halus, dan banyak masalah lainnya.

Persib Bandung Waswas dengan Kehadiran Pelatih Baru Persita

Rajin membersihkan wajah dan menggunakan krim antiacne atau antijerawat merupakan solusi yang seringkali ampuh mencegah datangnya jerawat. Namun ternyata ada beberapa fakta mengejutkan tentang krim ini yang perlu diketahui, berikut ini seperti dilansir dari laman Gurl.

Memutihkan pakaian

Arus Balik Mudik Lebaran, Pergerakan Penumpang di Bandara Soetta Meningkat 7 Persen

Tidak hanya memberikan efek pada wajah, beberapa bahan dalam krim antijerawat bisa mengubah warna pakaian atau bahan tertentu. Untuk itu, pikirkan kembali sebelum mengaplikasikan krim pada jerawat di bagian tubuh lain, seperti dada saat sedang menggunakan pakaian berwarna favorit Anda.

Sensitif terhadap matahari

Terenyuh! Tamara Tyasmara Tetap Beliin Baju Lebaran Hingga Sajadah Buat Dante: Siapa Tahu Dia Dateng

Kulit kamu jadi semakin sensitif terhadap matahari, sehingga harus selalu menggunakan tabir surya. Jika tidak ingin merasakan terbakar matahari atau ada komedo pada wajah karena hal ini, pastikan selalu mengulang penggunaan tabir surya.

Kemerahan

Merah, wajah terbakar bisa menjadi bagian dari proses krim jerawat. Jika kamu khawatir berubah menjadi merah seperti kepiting, lakukan tes krim di bagian garis rahang, atau hanya pada bagian tertentu, jangan gunakan krim jerawat di seluruh wajah. Kalau masih mengalami kemerahan, beralihlah pada produk yang lebih lembut.

Bengkak

Sebagian besar krim jerawat memiliki efek samping yang  lembut, tapi ada beberapa kasus ketika terjadi reaksi alergi, seperti bengkak dan demam setelah penggunaan. Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya segera kunjungi dokter kulit.

Mengelupas

Krim jerawat terkadang membuat kulit kering dan berubah seperti ular. Tapi jangan khawatir, biasanya hal ini tidak begitu ekstrem jika rajin melembapkan kulit dengan pelembab, dan hindari menggunakan peeling.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya