Perhatikan Hal Ini Ketika Terapkan Active Learning pada Anak

Anak aktif
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Meski melibatkan anak secara aktif dalam proses belajar (active learning), namun untuk mengoptimalkan penggunaan semua potensi yang dimiliki oleh anak, ada beberapa hal yang juga harus diperhatikan sebelum menerapkannya pada anak agar mencapai hasil yang maksimal.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah

Menurut Ajeng Raviando seorang Psikolog Anak, hal pertama yang haru diperhatikan sebelum menerapkan active learning kepada anak, ialah kesiapan dari anak itu sendiri, atau yang disebut dengan law of readines atau kesiapan penerimaan dari anak itu sendiri.

"Kita harus perhatikan law of readines dari anak, ini penting, karena kesiapan dari anak bisa memperlancar hubungan antara stimulus dan respons ketika menerapkan active learning," kata dia saat bincang-bincang di Mother & Baby Fair, Balai Kartini, Jakarta Selatan, Jumat, 30 September 2016.

Kemenkominfo Menggelar Nobar Webinar "Mengenal Literasi Digital Sejak Dini"

Mother and Baby Fair 2016

Selanjutnya, setelah anak siap, suatu proses pembelajaran juga tidak bisa hanya dilakukan hanya dalam satu kali. Bukan saja anak, dalam pembelajaran orang dewasa pun juga mesti dilatih berulang-ulang.

Biadab! Israel Eksekusi Anak Palestina Beramai-ramai dari Usia 4-16 Tahun

"Yang kedua itu law of excercise, atau dilatih secara terus-menerus atau berulang. Dengan adanya pengulangan, anak akan semakin mudah mengerti dan memahami apa yang diajarkan. Jangankan anak, kita saja kadang mesti berkali-kali supaya ingat," tambahnya

Sedangkan yang terakhir menurut Ajeng adalah law of effect, atau hasil yang ditimbulkan dari pembelajaran aktif tadi. Menurutnya, anak harus merasa nyaman dan senang ketika  menjalani pembelajaran tadi.

"Jadi hubungan antara stimulus dan respons akan menjadi lebih baik, jika dapat menimbulkan hal yang menyenangkan.  Hal ini akan selalu diulang kalau itu menyenangkan. Makanya orang tua harus tepat memilih cara belajar yang menyenangkan bagi anak," tambah dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya