Tips Mendongeng untuk Anak, Jauhi Gadget

Ilustrasi buku
Sumber :
  • Pixabay/ Mysticsartdesign

VIVA.co.id – Mendongeng untuk si kecil belakangan sudah jarang sekali dilakukan oleh para orangtua. Padahal banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan membiasakan menceritakan kisah dongeng pada buah hati. Salah satu manfaaatnya, bisa mendekatkan hubungan antara orangtua dan anak.

Klasemen LaLiga: Real Madrid Hancurkan 'Dongeng' Girona

Mendongeng bukan hanya sekadar pengantar tidur untuk buah hati. Lewat dongeng, orangtua bisa mengajarkan anak berbagai nilai positif dalam kehidupan. Bahkan juga, bisa mengembangkan daya imajinasi anak, sehingga membuat si kecil menjadi sosok yang lebih kreatif.

Tertarik? Pendongeng Gery Puraatmadja atau yang lebih dikenal dengan sebutan 'Paman Gery' memiliki sedikit tips untuk Anda yang ingin menceritakan dongeng pada anak.

Klasemen LaLiga: Dongeng Girona Berlanjut, Real Madrid Ditempel Terus

Mulailah dengan buku

Bagi orangtua yang belum tahu bagaimana cara memulai bercerita atau belum mahir dalam bercerita dongeng, Anda bisa memulai dengan membacakan buku cerita dongeng. Jika sering dilakukan berulang maka kemampuan bercerita Anda akan semakin terasah dan Anda bisa mencoba metode lain seperti bercerita dengan menggunakan boneka.

Klasemen LaLiga: 'Dongeng' Girona Berlanjut Usai Permalukan Barcelona

"Cara paling gampang adalah pakai buku, itu paling simpel. Pelan-pelan, nanti juga akan ngalir dan terlatih sendiri kalau sudah biasa dilakukan," kata Paman Gery kepada VIVA.co.id saat di temui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Sabtu, 1 Oktober 2016.

Ikuti Kebiasaan Anak

Jika Anak masih susah diatur atau belum tertarik untuk mendengar cerita dongeng, Anda harus mencari cara untuk menarik perhatian mereka. Ikuti terlebih dahulu kesenangan mereka. Anda bisa mengarang cerita dari aktivitas bersama anak tersebut. Paman Gery menyarankan satu cara yaitu menyanyi. Menyanyi biasanya lebih mudah diikuti anak.

Jangan Andalkan Gadget

Saat ini media pembelajaran bagi anak sangat bervariasi. Salah satu yang paling mudah ditemukan adalah gadget dan film. Keduanya memang bisa melepaskan Anda sejenak dari kerewelan si kecil. Namun ingat, terbiasa meninggalkan anak dengan gadget secara tidak langsung akan merenggangkan hubungan Anda dengan si kecil. Jika memang harus dengan gadget, sebisa mungkin ajak si buah hati berinteraksi.

"Paling efektif adalah tutur. Kalau film dan media lain memang banyak, tapi kalau cuma gitu kan enggak mendekatkan dan mereka nggak dapet nilainya," kata Paman Gery lagi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya