Stres Picu Penurunan Energi Tubuh

Ilustrasi gangguan jiwa
Sumber :
  • Pixabay/Lando

VIVA.co.id – Tinggal di kota besar dengan tuntutan pekerjaan yang tinggi serta kondisi jalan yang sering macet bisa menjadi pemicu utama stres. Tidak heran, kondisi ini dapat memengaruhi turunnya kinerja seseorang dan tidak bersemangat.

Bukan Cuma Biar Adem, Tidur Telanjang Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan

Menurut Dr. Michael Reo, Sr. Medical Manager Darya-Varya, stres yang tinggi dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon ini akan memaksa organ tubuh bekerja sehingga merangsang kebutuhan energi yang lebih.

"Akibatnya terjadi efek pembentukan radikal bebas di dalam tubuh. Kita butuh aktivitas maksimal tapi di sisi lain ada stressor yang mengakibatkan radikal bebas yang dapat merusak organ yang bekerja memproduksi energi untuk kita," kata Michael saat acara Celebrating Darya-Varya Innovation Actively Beautiful di Lotte Avenue, Jakarta, Senin, 3 Oktober.

Jangan Anggap Remeh, Ini 4 Tanda yang Menunjukkan Anda Alami Stres

Untuk mengatasi hal ini, lanjut Michael, tubuh membutuhkan asupan tambahan salah satunya adalah zinc untuk melawan radikal bebas.

Michael menegaskan bahwa stres sangat memicu pengurangan energi. Lelah yang diakibatkan oleh stres biasanya tidak akan pulih hanya dengan beristirahat saja.

Ekonomi Dunia Bergejolak, BI Buka-bukaan Hasil Stess Test Terbaru Sektor Perbankan

Ilustrasi pria tidur

"Zinc sangat signifikan mengatasi kelelahan. Kelelahan itu ada tired dan fatigue. Tired bisa hilang hanya dengan istirahat. Tapi, fatigue hanya istirahat saja tidak selesai karena itu berhubungan dengan stres. Karena kelelahannya berhubungan dengan otot," imbuhnya.

Ilustrasi Bahagia

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Terkadang kita merasa tertekan untuk selalu tampil sempurna dan mendapatkan validasi dari orang lain. Ini tips yang bisa kamu terapkan agar hidup lebih tenang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024