Minum Kopi Setiap Hari Dapat Cegah Demensia

Kopi.
Sumber :
  • Pixabay/Craig Melville

VIVA.co.id – Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan kalau meminum kopi setiap hari dapat membantu melawan munculnya demensia.

Terminal Lucidity, Fenomena Seseorang Mendadak Sehat Sebelum Maut Menjemput

Dilansir laman Independent, menurut penelitian yang diterbitkan dalam The Journals of Gerontology, wanita berusia lanjut yang meminum kopi dengan porsi lebih banyak akan menurunkan risikonya mengalami gangguan kognitif.

Penelitian tersebut memperhatikan konsumsi kafein pada 6.500 wanita berusia antara 65-80 tahun dan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi lebih dari 261 miligram kafein per hari, risikonya menurun sebanyak 36 persen terkena demensia. Jumlah ini sama dengan tiga cangkir kopi atau enam cangkir teh hitam sehari.

Terpopuler: Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi, Balenciaga Jual Gelang Lakban Rp51 Juta

"Yang unik dari penelitian ini adalah kami memiliki peluang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menguji hubungan antara asupan koafein dengan insiden demensia dalam penelitian yang luas, terencana, dan prospektif dari sekelompok wanita," kata pemimpin penelitian Ira Driscoll, seorang profesor psikiatri di Universitas Wisconsin-Milwaukee Amerika Serikat.

Meski demikian, penelitian ini masih belum pasti dan Driscoll menambahkan perlu ada penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Ustaz Alfie Alfandy Ungkap Kebaikan Minum Kopi saat Ramadhan, Baiknya Diminum Buka atau Sahur?

Mengonsumsi kopi.

"Kami memang belum bisa menyimpulkan hubungan langsung antara konsumsi kafein yang tinggi dengan rendahnya insiden gangguan kognitif dan demensia, dengan penelitian lebih lanjut, kami dapat mengukur dengan lebih baik hubungannya dengan hasil kesehatan kognitif," lanjut Driscoll.

Driscoll juga mengatakan kalau penelitian ini bisa bermanfaat tidak hanya dari sisi preventif tapi juga untuk memahami lebih baik mekanisme dan keterlibat kafein dalam demensia dan gangguan kognitif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya