Tips Memilih Beras untuk Memasak Nasi Goreng

Nasi goreng.
Sumber :
  • Pixabay/2015kate

VIVA.co.id – Nasi goreng yang lezat bukan hanya soal rasa, tapi tentang pemilihan beras yang digunakan.  Idealnya, Anda tentu ingin nasi memiliki tekstur yang lembut dan tidak terlalu lengket,

Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Butuh 6,7 Juta Ton Beras per Tahun

Seperti dilansir dari laman Chinese Food, berikut adalah tips memilih beras yang akan membantu Anda memasak nasi goreng yang sempurna.

-Beras putih panjang sangat cocok untuk nasi goreng. Beras tipe ini lembut jika dimakan dan tidak lengket, juga tidak terlalu keras. Ini semua karena dua molekul pati yang terkandung di dalamnya, yaitu amilosa dan amilopektin.

Daftar Harga Pangan 25 April 2024: Bawang Merah hingga Daging Sapi Naik

-Beras putih panjang mengandung amilosa yang tinggi sekitar 19 sampai 23 persen, dan mengandung amilopektin yang rendah jika dibandingkan dengan beras jenis lain. Sementara itu, jika dibandingkan dengan beras ketan, atau juga dikenal beras yang lengket, beras ketan tinggi akan amilopektin dan mengandung amilosa maksimal 1 persen.

-Banyak orang lebih memilih beras jasmine Thailand karena aromanya seperti berondong jagung dan manis, serta memiliki sedikit rasa pedas.

Harga Eceran Tertinggi Beras Medium Dinaikkan Meski Panen Raya, Ini Rinciannya Per Wilayah

-Beras jasmine putih tentu berbeda dari beras biasa yang rendah amilosa dan tidak lengket. Jasmine adalah beras panjang, beras basmati, yang memiliki persentase amilosa yang lebih tinggi.

Ada pula beberapa tips memasak nasi goreng yang patut Anda ketahui.

-Jika nasi goreng agak lembek, lain kali coba kurangi jumlah air yang digunakan untuk memasak nasi. Perbandingan antara beras dan air yang baik yakni 1:1,5 rasio (1 cangkir beras untuk 1 1/2 gelas air).

-Selaima ini Anda pasti sering menemukan resep nasi goreng menyarankan untuk menggunakan nasi dingin. Idealnya, untuk memasak nasi goreng, Anda sebaiknya menggunakan nasi yang telah dimasak setidaknya satu hari sebelumnya. Hal ini untuk menghindari nasi menjadi basah dan lembek.

Namun, nasi sisa juga memiliki kelemahan. Bacillus Cereus bisa membentuk spora bakteri yang berkembang dalam makanan bertepung seperti kentang dan nasi.

Bila menggunakan nasi sisa, penting untuk mendinginkan nasi hingga mencapai suhu kamar dan simpan dalam lemari es satu jam sebelum dimasak. Nasi ini juga harus dimakan dalam waktu 24 jam.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya