Saat Dikonsumsi, 5 Makanan Ini akan Buat Anda Semakin Lapar

Ilustrasi kue
Sumber :
  • Pexels/Kaboompics

VIVA.co.id – Ketika merasa lapar, tentu makan adalah hal yang akan Anda lakukan. Tapi ternyata tidak semua makanan mampu menghilangkan rasa lapar dan membuat perut kenyang. Ya, ada beberapa makanan yang setelah dimakan justru akan membuat Anda merasa semakin lapar.

Nestle Indonesia Jawab Klaim 60 Persen Produknya Tak Sehat

Tentu Anda tak ingin jika makanan yang Anda makan hanya menumpuk di dalam tubuh dan tidak membuat kenyang. Dilansir dari laman care2.com, berikut makanan yang justru membuat Anda merasa semakin lapar.

Permen karet

Heboh 60 Persen Produk Nestle Tidak Sehat, Ini Kata BPOM

Permen karet merangsang asam lambung dan memproduksi air liur. Air liur yang diproduksi saat mengunyah turun ke perut dan membuat perut menerima sinyal yang keliru bahwa ada makanan untuk dicerna. Hal ini  membuat Anda merasa lapar

Soda diet

Dr Zaidul Akbar: Makan Mi Instan Menzolimi Diri Sendiri

Meski di labelnya tertulis ‘diet’," tapi jangan tertipu. Studi membuktikan bahwa soda diet dapat membuat Anda merasa lapar. Itu karena pemanis buatan yang terkandung di dalamnya.

"Pemanis buatan dapat memberikan efek memicu nafsu makan. Tetapi tidak seperti gula biasa, mereka tidak memberikan sesuatu yang akan memadamkan nafsu makan," kata Sharon Fowler, peneliti obesitas di UT Health Science Center di San Diego.

Menurut Fowler, zat pemanis buatan bisa menghambat sel-sel otak yang membuat Anda merasa kenyang.

Ilustrasi Minuman bersoda

Sirup jagung

Sirup jagung tinggi akan fruktosa yang mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan seseorang tidak bisa berhenti makan. Sulit untuk mengontrol nafsu karena fruktosa memperlambat sekresi leptin di dalam tubuh. Leptin adalah hormon penting dalam tubuh yang memberitahu Anda bahwa perut telah penuh dan Anda harus berhenti makan.

Makanan beku

Makanan beku yang tinggal dipanaskan di atas kompor atau microwave umumnya tidak bisa mengenyangkan perut. Selain itu, tidak ada cukup nutrisi dan serat di dalamnya. Untuk itu, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi makanan beku. Anda juga bisa menyantapnya bersama salad atau buah dan sayur.

Kue

Kue dan segala macam roti biasanya terbuat dari gula putih. Gula putih dan tepung terigu tidak memiliki serat atau nutrisi. Mereka juga akan membuat Anda cepat lapar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya