Mengapa Soda Kue Ampuh Membersihkan Banyak Benda?

ilustrasi baking soda atau soda kue
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Baking soda atau soda kue adalah andalan untuk banyak resep kue. Selain itu, soda kue juga dikenal sebagai bahan pembersih yang baik, seperti pembersih untuk gigi atau peralatan rumah tangga.

Ramuan Herbal Zaidul Akbar Atasi Alergi, Cuma Perlu 3 Bahan yang Gampang Ditemui

Soda kue alias natrium bikarbonat, sebenarnya adalah garam. Seperti semua garam, soda kue adalah senyawa netral yang terbentuk dari ion bermuatan positif, atau kation, dan ion bermuatan negatif, atau anion.

Tapi meski soda kue terbilang netral, pH-nya lebih tinggi dari senyawa netral lainnya. Ini berarti bahwa soda kue adalah basa yang merupakan kunci untuk pembersih yang baik. Seperti dilansir dari The Kitchn berikut penjelasan ilmiah mengapa soda kue merupakan bahan pembersih yang baik.

Cara Mudah Hilangkan Kerak pada Kaca Spion Mobil

Menyerap bau

Tidak seperti penyegar udara atau lilin, yang hanya menutupi bau, soda kue sebenarnya menyerap hal-hal yang mungkin bisa membuat dapur bau Anda menjadi bersih. Inilah sebabnya mengapa orang meninggalkan kotak soda kue di dalam lemari es mereka. Itu karena soda kue bereaksi dengan asam di udara untuk menetralkan mereka.

7 Cara Menghilangkan Karat Membandel pada Besi

Seiring waktu, soda kue dapat menjadi kurang reaktif terhadap asam, sehingga hanya akan bekerja jika Anda menggantinya atau mencampurnya dengan yang baru

Bereaksi dengan cuka

Reaksi asam-basa juga menjadi alasan soda kue dan cuka adalah pasangan yang pas dalam hal membersihkan kotoran. Campuran soda kue dan cuka bisa membersihkan wastafel yang kotor. Oleskan campuran air dan soda kue pada permukaan oven kotor Anda dan tuangkan sedikit cuka, oven kotor Anda akan kembali berkilau.

baking soda

Sedikit kasar

Untuk beberapa hal, soda kue bekerja lebih baik daripada sabun biasa. Meskipun keduanya mengandung molekul lemak yang membuatnya kurang keras, namun, di sisi lain soda kue bersifat abrasif. Ini mampu mengusir partikel kotoran dan menghilangkan noda pada permukaan benda-benda rumah tangga Anda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya