Unik, Seorang Peneliti Berhasil Ciptakan Keju dari Kentang

Kentang.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA.co.id – Selama ini, kita tahu bahwa keju terbuat dari susu. Tapi seorang peneliti makanan di Australia mengklaim bisa membuat keju dari kentang. Ya, pria bernama Andrew Dyhin telah mendirikan sebuah perusahaan bernama Potato Magic, yang akan memproduksi keju dari kentang yang disebut Chato (cheese-potato).

Narkoba Disamarkan Sebagai Susu! Pelajar Ditangkap di Bandara

Chato sendiri diciptakan dari proses khusus dimana kentang diolah hingga menjadi berbentuk cairan, seperti halnya keju. Andrew membayangkan cairan itu bisa digunakan untuk membuat susu, krim, puding dan es krim dari kentang.

Menurut Dyhin, ide cemerlangnya itu berawal dari sebuah kegagalan saat melakukan proyek di laboratorium.

Pengakuan Miris Pencuri di Minimarket Semarang Setelah Diamankan Polisi

“Seperti banyak penemuan besar, sebuah insiden di laboratorium selama penelitian dan pengembangan percobaan ternyata tidak membuahkan hasil yang diharapkan,” kata dia dikutip dari Metro.co.uk.

Beberapa tahun kemudian setelah insiden itu, ia menemukan bahwa kentang ternyata memiliki tekstur seperti keju, meskipun rasanya berbeda.

Habis Lebaran Kolesterol Meningkat? Pangkas dengan 6 Sayuran Ini

"Setelah bekerja selama beberapa tahun, kami sekarang memiliki proses yang kuat untuk membuat Chato dari kentang apapun, dan bisa meleleh seperti keju,” ujarnya.

Karena masih dalam proses dipatenkan, Dyhin mengatakan bahwa dia tidak bisa mengatakan lebih detail mengenai proses pembuatan Chato, tapi ia mengatakan bahwa proses tersebut 100 persen terbuat dari kentang asli.

Seperti halnya keju, Andrew juga mengatakan bahwa Chato juga mempunyai tekstur yang meleleh jika dipanaskan. Ia pun menambahkan, bahwa penemuannya ini membuatnya bisa membuat keju yang 100 persen bebas dari susu, sehingga aman bagi penderita alergi susu.

Selain menjadi alternatif keju bebas susu, ia juga berharap Chato juga dapat memecahkan masalah ketahanan pangan. Saat ini, Chato sedang dikembangkan untuk produksi komersial dan kabarnya akan segera dijual di pasaran.

Ilustrasi keju

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya