Rekomendasi Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

Ilustrasi ibu-ibu menyusui.
Sumber :
  • REUTERS/Christinne Muschi

VIVA.co.id – Makan terbaik untuk bayi baru lahir 0-6 bulan hanyalah Air Susu Ibu (ASI). Selain memiliki banyak manfaat untuk bayi, ASI juga bisa mempercepat penyembuhan luka pascamelahirkan.

5 Tips Lancar Ibu Hamil dan Menyusui Sehat saat Puasa Ramadhan

Karena memiliki banyak manfaat, para ibu menyusui bisanya mengonsumsi makanan yang lebih bernutrisi dari sebelumnya, agar produksi ASI tetap lancar hingga si kecil mendapatkan cukup ASI hingga usia enam bulan.

Untuk mencukupi kebutuhan makan ibu dan bayi, biasanya para ibu menyusui mengkonsumsi makanan ekstra dan lebih bernutrisi. Para ibu menyusui, memang sudah seharusnya memperhatikan asupan makannya. Sebab, apa yang ia makan, turut diserap oleh sang buah hati melalui ASI.

Miris, Dioperasi Caesar saat Sekarat, Ibu-Bayi Meninggal di RSUD Ruteng

Dilansir Baby Arabia, sebaiknya, yang paling penting untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui adalah ragam jenis buah dan sayuran sebanyak lima kali sehari. Seperti timun, apel, wortel, dan kiwi lalu bisa juga dikonsumsi dalam bentuk jus.

Selain itu, diharapkan agar para ibu tetap mengonsumsi karbohidrat tapi dengan jenis yang kaya serat seperti roti gandum dan bubur gandum. Tidak kalah penting lagi yaitu protein, tapi dengan rendah lemak. Di mana, protein jenis itu penting untuk kelangsungan pertumbuhan bayi, seperti ayam tanpa kulit, udang dan salmon.

Netizen Komentari Bentuk Tubuh Aurel Hermansyah, Atta Halilintar Heran

Mengenai cairan yang harus diserap oleh ibu, pastikan konsumsi susu sebanyak dua kali sehari. Sebab, susu mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan dalam pertumbuhan bayi.

Terlebih, para ibu disarankan banyak konsumsi air mineral dalam jumlah yang banyak. Karena air mineral mampu membantu produksi ASI dan mencukupi kebutuhan cairan di tubuh Anda. Selalu ingatkan diri Anda untuk minum air mineral sebanyak delapan gelas sehari.

Nah, untuk minuman yang satu ini, bisa menjadi rekomendasi untuk kesehatan Anda juga, yaitu minuman hangat. Salah satu jenis yang disarankan yaitu green tea atau teh hijau. Itu direkomendasikan karena memiliki kemampuan penting untuk menjaga kesehatan Anda selama menyusui.

Teh hijau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya