Sepuluh Cara Dapatkan Manfaat Sehat dari Kopi

Menikmati aroma kopi khas Indonesia
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id – Kafein yang terkandung dalam kopi memiliki sifat adiktif yang membuat peminumnya sulit untuk berhenti. Inilah yang membuat pecinta kopi sering merasa khawatir akan dampaknya bagi kesehatan.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Meski demikian, mengonsumsi kopi sebenarnya bukanlah hal yang buruk. Kopi, ketika dikonsumsi dengan tepat dapat membantu mengatasi masalah kesehatan. Berikut adalah 10 cara mengonsumsi kopi yang baik seperti dilansir dari laman Times of India.

1. Jangan minum kopi sebelum pukul 10 pagi

11 Rekomendasi Coffee Shop untuk Kerja di Jakarta Selatan

Jika ingin mendapat efek maksimum dari kopi, lebih baik tidak menyeruputnya di awal pagi. Sebab, pengaruh kopi paling efektif terjadi jika diminum antara pukul 9-11 pagi, saat kadar hormon kortisol sedang rendah.

Pada pukul 8-9 pagi hormon kortisol sedang tinggi, sehingga Anda tidak akan mendapat manfaat yang maksimal. Diketahui, antara kortisol dan kafein memang saling berinteraksi satu sama lain. Kortisol berperan dalam mengontrol jam tubuh dan menyebabkan orang merasa terjaga.

Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal

2. Batasi konsumsi kopi Anda

Para peneliti telah menemukan bahwa kafein dosis kecil lebih baik dibanding dosis yang besar di pagi hari. Untuk itu batasi konsumsi kopi Anda

3. Jangan minum kopi setelah makan malam

Baiknya konsumsi kopi saat makan siang, ketika Anda merasa mengantuk. Hindari kopi setelah makan malam karena akan menggangu kualitas tidur Anda.

Minum kopi.

4. Konsumsi kopi sebelum tidur siang

Di sisi lain minum kopi sebelum tidur siang  dapat menjadi hal baik untuk dilakukan. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi sebelum tidur siang bisa meningkatkan produktivitas yang lebih baik setelah bangun.

5. Minum air putih setelah minum kopi

Setiap minum minuman berkafein sebaiknya penuhi kebutuhan tubuh dengan air putih yang cukup setiap hari. Kopi memiliki sifat diuretik, artinya akan membuat Anda ingin buang air kecil setiap saat. karena itu, konsumsi banyak air putih sangat disarankan untuk menjaga Anda agar tetap terhidrasi.

6. Tahu berapa banyak kafein yang Anda konsumsi

Sekitar 400 mg kafein per hari dianggap aman untuk orang dewasa. Lebih dari ini dapat menyebabkan iritabilitas, sakit perut dan insomnia.

7. Minum secangkir kecil kopi setelah  belajar bisa meningkatkan memori

Minum secangkir kecil kopi setelah  belajar bisa meningkatkan memori. Jadi jika Anda baru saja menghadiri pertemuan dan ditugaskan untuk memimpin sebuah proyek yang sulit, minumlah kopi setelahnya.

8. Minum kopi sebelum berolahraga

Beberapa ahli gizi mungkin tidak setuju, tapi kopi sebelum latihan dapat benar-benar bekerja dan membawa manfaat. Kopi bukan hanya membuat Anda lebih termotivasi untuk berolahraga, kafein juga meningkatkan daya tahan Anda dengan menggunakan lemak sebagai bahan bakar.

9. Manfaat kopi tergantung cara meminumnya

Mendapatkan manfaat kopi tentunya juga tergantung bagaimana Anda mengonsumsinya. Menambahkan susu dan gula pada kopi bukanlah cara terbaik. Sebaiknya, minumlah kopi hitam atau kopi dengan krim nabati. Jika ingin menambahkan susu, sebaiknya pilih susu seperti susu almond, atau susu kedelai.

10. Hindari menambahkan pemanis buatan

Hindari menambahkan pemanis buatan pada kopi karena dapat merusak manfaat kopi.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya